Rekomendasi

Cerita Dibalik Terungkapnya Bendera Merah Putih Terbalik di Sea Games

Minggu, 20 Agustus 2017 : 19.22
SURABAYA - Insiden bendera merah putih terbalik dalam booklet SEA Games 2017 yang dicetak Malaysia membuat publik Tanah Air geram. Kejadian yang merupakan keteledoran pihak panitia SEA Games 2017 itu seolah menggores luka lama bahwa Malaysia memang sering mencari perkara.

Berikut kronologis peristiwa terbaliknya bendera Indonesia dalam buku spesial souvenir SEA Games XXIX/2017 yang dituturkan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi melalui keterangan tertulis kepada hariankota.com.

Saya mengikuti prosesi upacara pembukaan SEA Games 2017, dan duduk di barisan tamu dan undangan, menerima spesial souvenir yang didalamnya terdapat buku spesial souvenir, dan beberapa merchandise dari panitia pelaksana.

Di tengah-tengah berlangsungnya kemeriahan acara pembukaan SEA Games 2017, ada kejadian yang membuat terkejut saat menemukan Majalah Panduan yang mencantumkan Bendera Indonesia dalam keadaan terbalik yang memuat informasi negara-negara yang pernah menjadi tuan rumah SEA Games.

Saya menyesali peristiwa yang terjadi di tengah-tengah peristiwa yang sangat bersejarah di kawasan Asia Tenggara ini. Pesta olahraga bangsa-bangsa yang mengusung semangat persaudaraan dan persahabatan.

Saya tidak mengetahui apakah ini faktor kesengajaan atau tidak, namun saya yakin tamu-tamu dan undangan negara lain juga telah melihatnya.

Saya belum mendengar informasi apakah buku ini akan dicabut atau direvisi dan sebagainya. Namun bagi saya persoalan pencantuman terbaliknya bendera ini menyangkut harkat dan martabat bangsa.

Bendera Merah Putih sangat mudah warnanya dibandingkan dengan bendera negara lain yang lebih rumit. Sementara negara lain yang benderanya lebih rumit tidak terbalik dalam penempatannya.

Bendera Indonesia yang tercetak terbalik ini untuk menandakan negara mana yang sudah menjadi tuan rumah SEA Games. Di bawah bendera tersebut terpampang tahun tuan rumah yaitu 1979, 1987, 1997 dan 2011. (fer)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya