Rekomendasi

Diamuk Api, Gudang Pabrik Tekstil Luluh Lantak Tak Bersisa

Minggu, 20 Agustus 2017 : 18.28
Loading...
SUKOHARJO - Kebakaran hebat melanda gudang benang PT Delta Merlin Dunia Tekstile (DMDT) V (gudang lama) di Desa Pondok, Kecamatan Grogol, Sukoharjo. Api yang meluluhlantakan seluruh isi gudang terlihat mulai menyala,Sabtu (19/8/2017) sekira pukul 22.45 WIB.

Hingga Minggu (20/8/2017) sekira pukul 03.00 WIB dinihari, dilaporkan, api baru bisa dikendalikan setelah puluhan Damkar dikerahkan.

Bangunan yang merupakan gudang benang bagian dari PT DMDT milik Hendra Wangsa Sasmita (66) warga Kampung Serengan RT 05 / RW 05 Kelurahan Jagalan, Kecamatan Jebres, Solo ini, kali pertama di lalap api disaksikan oleh beberapa karyawan, api muncul dari mesin sizeng (bagian persiapan).

Kapolsek Grogol, Polres Sukoharjo AKP Sarwoko mewakili Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi menyampaikan kronologi kebakaran berdasarkan keterangan Guntoro (40) karyawan bagian Sizeng.

Eko (40) karyawan bagian mesin menyebutkan, mereka berdua melihat api pertama menyala dari mesin Sizeng, lalu menjalar ke atas melalui benang sehingga membakar gabul di atap gedung kemudian tertiup angin sehingga api merembet keselatan, membakar gudang benang dan gudang bahan baku berupa kapas.

"Semula mereka berdua bersama karyawan lainnya berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Namun karena api semakin membesar, maka segera menghubungi Polsek Grogol dan Pemadam Kebakaran," ungkap Kapolsek

Sedikitnya, 12 (dua belas) unit pemadam kebakaran (damkar) dari wilayah Solo Raya, antara lain, 5 unit dari Sukoharjo, 3 unit dari Solo, 2 unit dari Karanganyar, 1 unit dari Klaten, dan 1 unit dari Boyolali dikerahkan untuk memadamkan kobaran api.

Guna mencegah menjalarnya api ketempat lain, oleh PLN arus listrik sementara waktu diputus.

Sekira pukul 10.00 WIB (Minggu -red) api sudah padam, namun asap masih tampak menyelimuti lokasi kebakaran. Beberapa unit damkar juga masih stand by untuk melakukan penyemprotan dan memastikan bahwa api betul-betul padam.

"Saat pengamanan dilokasi dipimpin langsung Kapolres dengan melibatkan personel Polres Sukoharjo dan Polsek Grogol," terang Sarwoko

Sementara akibat kejadian, nilai kerugian dan penyebab pasti kebakaran, Kapolsek belum bisa menyampaikan karena masih dalam penyelidikan. Rencana penanganan lebih lanjut akan mendatangkan Puslabfor Polda Jateng.

"Dari kejadian ini, tidak ada korban jiwa. Rencana mau mendatangkan Tim Puslabfor Polda," pungkasnya. (Sapto/gun)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners