Rekomendasi

Hore! Penderita Katarak Dapat Operasi Gratis

Minggu, 27 Agustus 2017 : 18.51
KARANGANYAR - Sebanyak 58 keluarga kurang mampu penderita penyakit katarak, menjalani operasi gratis Rumah sakit umum daerah (RSUD) Karanganyar, Minggu (27/8/2017).

Operasi katarak gratis ini yang dilaksanakan selama satu hari ini menyasar kepada warga penderita katarak yang kurang mampu yang dibuktikan dengan surat keterangan tidak mampu yang dikeluarkan oleh masing-masing kelurahan.

Sekretaris daerah (Sekda) Karanganyar, Samsi mengatakan, angka penderita penyakit katarak termasuk gangguan kesehatan yang cukup tinggi. Penyakit ini mengakibatkan kebutaan dan sangat menghambat aktivitas serta produktivitas penderitanya.

"Penderita katarak ini menjadi sangat tergantung kepada orang lain dalam melaksanakan aktivitasnya. Yang cukup memprihatinkan, penyakit ini banyak diderita oleh mereka yang secara ekonomi tergolong kurang mampu,” ujar Samsi, Minggu (27/8/2017).

Menurut Samsi, pada umumnya, penderita katarak ini kesulitan untuk mengakses penanganan, khususnya operasi katarak.

"Oleh karena itu, program operasi katarak gratis ini yang digelar salah satu perusahaan, bekerjasama dengan RSUD dan Baznas ini,menyasar para penderita kurang mampu,” terangnya.

Sementara itu, Direktur RSU Karanganyar, Wahyu Purwadi mengatakan, selain mendapatkan layanan operasi katarak gratis, para penerima manfaat ini juga masih mendapatkan pendampingan, berupa pengobatan pascaoperasi hingga dua kali.

“Hal ini untuk memastikan program yang dilaksanakan ini tepat sasaran. Kami ingin para penderita katarak ini bisa terbebas dari penyakitnya dan bisa melaksanakan aktivitasnya kembali tanpa harus bergantung pada orang lain,” tandasnya. (Isw/gun)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya