Rekomendasi

Jelang Idul Adha, Pasar Hewan Kurban Dikeluhkan Sepi Pembeli

Sabtu, 19 Agustus 2017 : 22.52
Loading...
SUKOHARJO - Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, menjelang hari raya kurban atau Idul Adha 1438 H yang hanya tinggal dua minggu lagi ini, penjualan hewan kurban jenis sapi di Pasar Hewan Bekonang, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo kondisinya masih sepi.

Seorang pedagang sapi, Parjono asal Sragen yang biasa mangkal di pasar Bekonang, Sabtu (19/8/2017) menuturkan biasanya sebulan menjelang Idul Adha penjualan sapi dipasar hewan Bekonang sudah ramai.

"Entah kenapa tahun ini justru penjualan sapi mengalami penurunan bahkan bisa dikatakan sepi," ungkapnya

Pasar yang hanya didatangi para pedagang hewan ternak saat penanggalan jawa tiap hari Kliwon ini, beberapa kali hari pasaran, transaksi penjualan belum menunjukan peningkatan yang signifikan.

"Jum'at (18/8)2017) kemaren hanya beberapa calon pembeli saja yang datang. Padahal tahun kemarin, biasanya sudah mulai ramai nego harga dan membeli," ujarnya.

Parjono menduga sepinya penjualan sapi menjelang Idul Adha tahun ini dipengaruhi banyaknya pembeli yang sudah bertransaksi diawal sekira tiga bulan lalu, sebelum perayaan Idul Adha. Pada waktu itu, harga sapi masih murah dan belum mengalami kenaikan.

Senada dengan Parjono, pedagang lainnya Parno, juga mengeluhkan hal yang sama. Bahkan minat pembeli yang belum terlihat sebulan menjelang Idul Adha ini diakuinya berdampak terhadap turunnya harga sapi hingga mencapai Rp 750 ribu - Rp 500 ribu.

"Ini harganya malah pada turun sampai Rp 500 ribu. Tapi saya masih optimis pembeli akan naik menjelang H-7 Idul adha," katanya

Di pasar hewan Bekonang tiap hari pasaran Kliwon jenis sapi yang dijual kebanyakan sapi jawa yang harganya berkisar Rp 8 juta sampai 18 juta tergantung dari umur dan berat badan sapi. Untuk jenis Limosin hanya beberapa saja yang diperdagangkan lantaran harganya yang sangat tinggi

"Ada sapi limosin dari Sragen yang beratnya mencapai 5 kwintal dan ditawarkan dengan harga Rp 65 juta," katanya

Sepinya kondisi pasar hewan dari pembeli, tak urung aktivitas para pedagang hewan ternak ini seharian hanya duduk-duduk saling ngobrol berkeluh kesah dengan sesama pedagang lainnya. (Sapto/gun)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners