Rekomendasi

Kemarau Landa Gunung Tua, Warga Kesulitan Air Bersih

Jumat, 11 Agustus 2017 : 18.05
Loading...
PANYABUNGAN - Musim kemarau berkepanjangan mulai melanda warga di Gunung Tua, Panyabungan, Mandailing Natal. Akibatnya warga desa dilanda krisis air bersih. Banyak warga akhirnya kembali menggunakan air dari sungai untuk kebutuhan sehari-hari. Mulai dari mencuci baju hingga mandi.

Laki-laki dan prempuan terlihat berbaur di sungai hanya berjarak beberapa meter saja untuk keperluan MCK. Paling janggal dan ganjil terlihat ketika warga sedang BAB, terlihat bersamaan di aliran sungai ranto puran.

Efendi (50) warga Gunung Tua Jae mengatakan sebenarnya kondisi dimana mereka bersama-sama menggunakan air dari sungai membuatnya risih. Namun, dirinya serta warga lainnya tak punya pilihan lain.

"MCK yang telah ada tidak ada airnya, disebabkan saluran bondar (parit) dan pipa sedang di rehab ditambah lagi sungai Aek Ranto Puran surut," ujar Efendi pada wartawan, Jumat (11/8/2017).

Di tempat terpisah Uli (45) warga Gunung Tua Jae juga mengatakan Sulitnya mendapakan air selalu dirasakan warga.

"Sebagai ibu rumah tangga kebutuhan air sangat banyaknya untuk semua kebutuhan. Sungai kering, MCK tidak ada air dan sumur warga kering. Sumur kami sendiri sudah dua kali di keruk namun beberapa hari kering lagi"

"Sebulan ini memang jarang hujan turun, makanya munggkin sungai kecil sehingga banyak sampah terlihat nyangkut di antara bebatuan sungai sehingga terkesan kotor dan berbau amis. Sulitnya lagi mencari tukang keruk sumur, pada sibuk menggali sumur yg lain. Desa tetangga juga sumurnya kering," pungkas uli. (umar/gun)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners