Rekomendasi

Lengkapi Isi Museum, Jokowi Hibahkan Keris Koleksinya

Rabu, 09 Agustus 2017 : 17.57
Loading...
SOLO - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan keinginannya untuk menghibahkan keris koleksinya, saat meresmikan pembukaan Museum Keris Nusantara di Jalan Bhayangkara, kawasan Sriwedari, Solo, Rabu (9/8/2017).

"Saya punya banyak koleksi keris di rumah, salah satunya yang diberikan Perdana Menteri Belanda, Keris-keris yang saya punya biar disimpan di museum sini saja. Sudah, dihibahkan di museum," ujarnya

Keris koleksi Presiden Jokowi, diantaranya termasuk keris pemberian Perdana Menteri Belanda. Diakui dirinya tidak sanggup merawat koleksi keris pribadinya di rumah. "Dihibahkan di museum saja (koleksinya), saya ga mampu merawat keris sendirian," paparnya.

Proyek pembangunan Museum Keris yang di danai APBN dan APBD Kota Solo ini di ketahui mulai dikerjakan sejak 2013 silam.

Presiden pun menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada segenap inisiator, seperti Pemerintah Kota Solo, dan berbagai pihak sehingga setelah melalui proses panjang museum akhirnya dapat diresmikan.

Usai sambutan, Presiden beserta istri berkeliling meninjau museum di temani Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, serta Wali Kota Solo, FX Hadi Rudiyatmo.

Sebelum kehadiran Presiden, sebuah prosesi kirab dilakukan untuk menandai pembukaan Museum Keris Nusantara ini. Walikota Solo menerima rombongan kirab keris dalam prosei peresmian sekira pukul 11.00 WIB.

Di dampimgi Wakil Walikota, Achmad Purnomo, Rudy sapaan akrab Walikota, menerima penyerahan keris di lobi utama museum. Rudy menjelaskan, kirab keris bertujuan sebagai pengingat kepada Presiden Joko Widodo yang menggagas pembangunan museum sejak menjabat Wali Kota Solo kala itu

"Ini mengingatkan kembali pada Pak Jokowi, dulu selaku wali kota, beliau yang punya cita-cita memiliki Museum Keris. Sekarang siap diresmikan," terang Rudy

Dalam kirab keris juga disertakan salah satu keris masterpiece bersama puluhan keris lainnya dengan rute sepanjang sekira 1 kilometer dari Loji Gandrung (Rumah Dinas Walikota) menuju Museum Keris di kawasan Sriwedari, diiringi puluhan peserta terdiri, Kurator Keris, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, dan Jaga Tirta. (Sapto/Iwn/gun)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners