Rekomendasi

Menkes: Target 95% Anak Indonesia Sudah Diimunisasi

Selasa, 01 Agustus 2017 : 20.09
Published by Hariankota
YOGYAKARTA - Gerakan nasional imunisasi Measless Rubella langsung dibuka oleh Presiden Joko Widodo di Madrasah Tsanawiah Negeri 10 Sleman, DI Yogyakarta. Saat membuka gerakan imunisasi yang ditandai pemukulan gong, Presiden mencanangkan pada tahun 2020, Indonesia bebas campak Rubella.

Menteri Kesehatan Nila F Moelok mengatakan, pemerintah berupaya mengendalikan penyakit campak dan rubella serta cacat bawaan akibat rubella hingga tahun 2020. Langkah yang ditempuh dengan memberi imunisasi Measiess Rubella (MR) untuk anak 9 bulan hingga 15 tahun.

Menurutnya, hidup sehat merupakan hak anak-anak sehingga pemerintah berjanji memberi imunisasi itu pada anak.

"Imunisasi MR itu diberikan untuk melindungi anak dari penyakit kelainan bawaan, seperti gangguan pendengaran, penglihatan, kelainan jantung, dan retardasi mental yang disebabkan adanya infeksi rubella saat kehamilan," ujar Moelok disela mendampingi Presiden Jokowi saat membuka Gerakan nasional imunisasi Measless Rubella di Madrasah Tsanawiah Negeri 10 Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (1/8/2017)

Pemberian imunisasi ini dilakukan dalam dua bulan, yakni bulan Agustus dan September tahun ini di Pulau Jawa. Sementara tahun depan di bulan yang sama dilakukan diseluruh provinsi luar Pulau Jawa.

"Kita target 95% anak Indonesia diimunisasi MR agar eliminasi campak dan pengendalian rubella terwujud pada tahun 2020," tandasnya. (dab/jum)
Share this Article :

Berita Terbaru

Read More