Rekomendasi

Pemuda Pancasila DIY Dukung Penetapan Sultan HB X Sebagai Gubernur

Minggu, 13 Agustus 2017 : 10.02
YOGYAKARTA - Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila (MPW PP) DIY mendukung ditetapkannya kembali Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X dan sebagai Gubernur DIY periode 2017-2022.

Sikap tersebut sebagai hasil rekomendasi Musyawarah Wilayah (Muswil) ke 6, MPW PP DIY bertempat di Hotel Inna Garuda Yogyakarta.

"PP DIY mendukung penetapan Sri Sultan HB X dan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) DIY periode 2017-2022," terang Ketua MPW PP DIY, Faried Jayen Soepardjan dalam keterangan pers ‎di acara Muswil ke 6, MPW PP DIY, tersebut.

‎Seperti diketahui DPRD DIY dalam sidang paripurna pada hari Rabu 2 Agustus 2017 lalu telah menerbitkan keputusan DPRD DIY nomor 58/K/DPRD/2017 tentang penetapan Sri Sultan HB X sebagai gubernur DIY dan Paku Alam X sebagai wagub DIY‎.‎

Faried mengungkapkan salah satu rekomendasi utama Muswil ke 6 PP DIY adalah sikap dukungan terhadap ditetapkannya kembali pasangan kepala daerah DIY, tersebut.

Rekomendasi itu berdasarkan dari hasil keputusan persidangan peserta Muswil di tingkat Komisi C yang bertugas membahas pokok pokok pikiran dan rekomendasi.

"Ada tiga sidang komisi. Terdiri dari komisi A membahas tentang organisasi, komisi B membahas tentang program-program kerja serta komisi C," jelas dia.

‎Faried mengaku mengikuti perkembangan pembahasan terkait tahapan proses verifikasi ‎penetapan gubernur dan wagub oleh Pansus di DPRD DIY.

Menurutnya, mekanisme suksesi gubernur dan wagub sudah sesuai jalur seharusnya dan bagi pihak Kasultanan dan pihak Kadipaten juga telah memenuhi semua persyaratan berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY.

"‎Meskipun dalam proses pembahasan itu sempat terjadi perbedaan dalam memandang gelar Sultan namun nyatanya pihak Kasultanan memenuhi semua persyaratan yang ditentukan termasuk penamaan gelar Sri Sultan Hamengku Buwono," katanya.

Salah satu ormas kepemudaan terbesar di DIY itu juga minta semua pihak baik elemen masyarakat maupun para pemangku kepentingan untuk menghormati proses penetapan gubernur dan wagub yang saat ini tengah dimintakan pengesahan ataupun pelantikan kepada Presiden melalui Kementrian Dalem Negeri (Kemendagri).

Mereka juga mengajak semua pihak untuk mengawal proses yang tengah berlangsung dengan harapan stabilitas politik di DIY tetap terjaga. "Pemuda Pancasila DIY siap menjaga keberlangsungan pembangunan di DIY," tegas dia.

Sementara agenda utama acara Muswil tersebut adalah pemilihan Ketua MPW PP DIY periode 2017-2022.

Faried Jayen Soepardjan yang telah memimpin MPW PP DIY periode sebelumnya kembali terpilih secara aklamasi setelah para pemegang hak suara menyampaikan pandangan yang sama terhadap sosok Ketua yang dipilih.

"Terdapat tujuh pemegang hak suara terdiri dari lima hak suara dari lima Mejalis Pimpinan Cabang (MPC) se DIY, satu hak suara dari unsur MPW dan satu hak suara dari unsur ‎MPN (Majelis Pimpinan Nasional)," terang Steering Commitie Muswil MPW PP DIY, Antariksa B Leksmana.

Pembukaan Muswil sendiri dihadiri sekurang-kurangnya 600 kader PP se-DIY yang terdiri dari lima MPC di lima Kabupaten/Kota serta dari 78 Pimpinan Anak Cabang (PAC) se-DIY.

Pembukaan Muswil dihadiri sejumlah pejabat Muspida DIY, Ketua Majelis Pimpinan Nasional (MPN) PP KPH Japto Soerjosoemarno beserta jajaran MPN PP, Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Purwadi, Wakil Bupati Kulonprogo Sutedjo, Ketua DPW PPP DIY Syukuri Fadholi, Teguh Sudirman (putra bungsu Jendral Sudirman).

Selain itu hadir sejumlah perwakilan ormas juga hadir antara lain Pemuda Islam, KNPI, KMI, HMI, FJR, GM FKPPI, Laskar Jogja,PPM. (dab/gun)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners