Rekomendasi

Penjualan Hewan Kurban di Mandailing Natal Masih Sepi

Minggu, 20 Agustus 2017 : 18.45
PANYABUNGAN - Penjualan hewan kurban di Panyabungan Utara, Mandailing Natal masih sepi pembeli menjelang Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah.

"Masalah ekonomi sulit tidak hanya dirasakan pedagang Sapi seperti saya saja, namun para petani juga mengalami hal yang sama," papar Agus (50) salah satu penjual hewan kurban saat ditemui dipeternakannya di Desa Rumbio, Panyabungan utara, Mandailing Natal, Minggu (20/8/2017).

Ia menyebutkan, sepinya penjualan hewan kurban kemungkinan disebabkan naiknya harga hewan kurban sekira 3 persen sampai 4 persen.

"Harga Lembu yang sekarang kita jual Rp 16 sampai Rp 19 juta, sedangkan untuk harga Kambing Rp 2,5 hingga Rp 3,5 juta. Semua itu tergantung bobot hewan tersebut," terang pria yang mengaku telah berjualan hewan kurban sejak 1995 ini.

Menurut Agus, meski penjualan hewan kurban sedikit mengalami kelesuan, dirinya mengaku masih mendapatkan keuntungan dari penjualan hewan kurban yang dia belinya dari Padang dan Aceh.

"Saya masih untung tahun ini. Hewan saya sudah habis dipesan, namun untuk rekan saya yang di Panyabungan Barat masih ada 60 ekor sapi yang belum terjual dan meminta bantu dalam menjualnya," kata Agus.

Agus berharap agar kondisi ekonomi bisa kembali stabil. Sehingga kedepan penjualan hewan kurban akan kembali seperti sedia kala sebelum kondisi ekonomi kurang stabil seperti saat ini.

"Saya harap pemerintah mencari solusi agar penjualan Sapi dan Kambing membludak tahun ini," harap Agus. (umar/gun)
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners