Rekomendasi

Sultan HB X Rangkul Pemuda Pancasila Jaga Pluralisme

Minggu, 13 Agustus 2017 : 10.04
YOGYAKARTA - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengajak agar organisasi masyarakat yang ada di Kota Gudeg Yogyakarta ini saling menjaga keragaman.

Kemajemukan yang ada menjadi salah satu potensi konflik di masyarakat jika tidak saling menjaga.

"Kami (Pemda DIY) berharap agar semua organisasi yang ada di Yogyakarta bisa saling menjaga pluralisme yang ada, termasuk Pemuda Pancasila," kata Sultan dalam sambutan yang dibacakan Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DIY Agung Supriyono di Hotel Inna Garuda Yogyakarta.

Sultan juga berpesan supaya Pemuda Pancasila yang tengah mengelar Musyawarah Wilayah (Muswil) ke VI ini berjalan dengan baik. Bertema Konsisten Menjaga Pancasila dan Tetap Menjadi Perekat Kebhinekaan, Sultan merasa yakin jika organisasi ini tunduk pada aturan yang ada.

"Selamat mengelar Muswil, semoga berjalan dengan baik sesuai harapan yang ingin dicapai dengan tetap konsisten menjaga Pancasila sebagai idiologi bangsa," tandasnya.

Ketua Umum Pemuda Pancasila, Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Japto Soejosoemarno menegaskan organisasi ini bukan sayap partai politik tertentu. Pasca reformasi, organisasi ini berdiri sendiri hingga saat ini.

"Pemuda Pancasila dibentuk atas kesadaran bersama dalam memajukan bangsa, kita tergerak untuk terus menumbuhkan semangat kebersamaan, menjaga keutuhan NKRI dan juga menjaga Pancasila," tandasnya.

Pria darah biru dari Mangkunegaran Surakarta itu mengaku tantangan pemuda saat ini cukup berat diera global. Masuknya paham paham yang tak sejalan dengan ideologi Pancasila harus diwaspadai semua elemen masyakarat.

Ketua Majelis Pimpinan Wilayah PP DIY Faried Jayen Soepardjan mengatakan akan terus menjaga dan bersinergi dengan semua pihak, baik organisasi masyarakat lainnya maupun aparat untuk menjaga kondisi Yogyakarta agar tetap kondusif.

"Pemuda Pancasila juga siap menjaga keberlangsungan pembangunan di Yogyakarta," ujar alumnus Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta itu.

Dalam Muswil, Jayen kembali mendapat mandat pemimpin organisasi ini lima tahun kedepan, periode 2017-2022. Dia terpilih secara aklamasi setelah pemegang hak mendengar dan mengetahui visi misi yang sejalan dengan ruh organisasi. (dab/gun)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners