Rekomendasi

Tolak Eksplorasi, Bupati Karanganyar: Jangan Sentuh Gunung Lawu

Kamis, 17 Agustus 2017 : 18.47
KARANGANYAR - Bupati Karanganyar, Juliyatmono secara tegas menolak rencana eksplorasi untuk memanfaatkan panas bumi yang ada di Gunung Lawu. Menurut bupati, rencana eksplorasi tersebut sangat jelas menganggu keseimbangan alam dan merusak ekosistem.

"Atas nama masyarakat, kami dari Pemkab Karanganyar secara tegas menolak proyek geothermal. Surat penolakan sudah kami sampaikan kepada presiden, DPR RI serta Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM)," kata bupati, usai rapat paripurna istimewa DPRD.

Menurut bupati, Gunung Lawu merupakan daerah penyangga air di wilayah Solo Raya dan Jawa Timur, dan tidak semestinya dijadikan sebagai pusat pengembangan geothermal.

"Kami justru ingin menjadikan Gunung Lawu sebagai salah satu taman nasional, dan bukan dimanfaatkan sebagai sumber energy. Sekali lagi saya tegaskan, kami tetap menolak proyek geothermal ini, dan jangan sentuh Gunung Lawu. Kalau di daerah lain, silahkan, asal jangan di Gunung Lawu," tegasnya.

Sebelumnya, berbagai elemen masyarakat juga melakukan penolakan terhadap rencana eksplorasi ini, terutama masyarakat yang berada di sekitar Gunung Lawu. Sampai saat ini, sejumlah spanduk penolakan juga masih tersebar di Tawangmangu, yang merupakan wilayah terdekat Gunung Lawu.

Sebagaimana diketahui, Menteri ESDM, Ignatius Jonan dalam salah satu acara di UMS Surakarata mengatakan, segera melakukan tender ulang terhadap rencana eksplorasi Gunung Lawu.

Pasalnya, pemenang lelang, yakni PT Pertamina Geothermal Energi, tidak sanggup melaksanakan proyek yang dipredikasi menghasilkan energy listrik sebesar 165 Megawat. (Isw/gun)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya