Rekomendasi

Walah, Sudah Bolos Terjaring Satpol Tak Hafal Teks Pancasila Lagi

Selasa, 22 Agustus 2017 : 20.34
KARANGANYAR - Sebanyak 16 pelajar, satu diantaranya wanita dari sejumlah sekolah menengah kejuruan (SMK) swasta, terjaring dalam operasi yang dilakukan Dinas Satuan Polisi Pamong Praja, Selasa (22/8/2017).

Para pelajar ini dijaring di sejumlah warung. Sanksi pun dijatuhkan kepada para pelajar, mulai dari menghormat bendera dan melafalkan Pancasila.

Sayangnya, diantara pelajar tersebut ada yang sama sekali tidak hafal, satu pelajar lainnya, tidak begitu lancar melafalkan Pancasila, bahkan ada yang salah nomor urut.

Razia pelajar ini dimulai pukul 09.30 WIB. Petugas satpol PP menyusuri jalanan dalam kota dengan mobil patroli, dan berhasil mengamankan 18 pelajar. Para pelajar ini langsung diamankan ke kantor Satpol PP. Dari hasil penggeledahan ditemukan satu konten pornografi.

Kepala Dinas satpol PP dan Pemadam Kebakaran, Kurniadi Maulato kepada wartawan mengatakan, razia ini merupakan salah satu amanah yang harus dilaksanakan sebagaimana yang diatur dalam Perda No 28 tahun 2016, tentang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, termasuk di dalamnya penertiban terhadap siswa yang bolos sekolah.

Menurut Kurniadi, siswa yang bolos sekolah ini, masih didominasi oleh pelajar dari sekolah swasta.

"Pelajar-pelajar ini kita temukan berkeliaran saat jam sekolah. Ada yang kita temukan di warung dan tempat permainan play station. Kita memanggil orang tua dan guru sekolah untuk menjemput mereka, sekaligus membuat surat pernyataan," kata Kepala Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran, Kurniadi Maulato, Selasa (22/8/2017).

Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan SMK Muhammadiyah 6 Karanganyar, Dwi Hananto mengakui jika 7 dari siswa yang terjaring razia merupakan anak didiknya. Ditegaskannya, sekolah akan memanggil orang tua yang bersangkutan.

"Kita segera memanggil orang tua siswa yang bolos sekolah. Sedangkan untuk siswa sendiri, akan kita berikan sanksi tegas," ujarnya.

Sementara itu, Prasetyo, salah satu siswa yang terjaring razia mengatakan, ia terpaksa bolos karena berangkat ke sekolah kesiangan. "Saya kesiangan. Ketika saya datang ke sekolah, pintu gerbang sudah ditutup," akunya. (Isw/akbar)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners