Rekomendasi

Antisipasi Pengungsi Kelaparan, Khofifah: Cadangan Beras Pemerintah Siap Dikeluarkan

Rabu, 27 September 2017 : 10.17
DENPASAR - Cadangan beras pemerintah (CDP) siap dikeluarkan menyusul adanya pengungsian warga Bali akibat status Awas Gunung Agung yang sudah ditetapkan pemerintah sejak Jumat (22/9/217) lalu.

Hal itu disampaikan Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa saat berada di pengungsian Gor Sweca Pura, Klungkung, Selasa (26/9/2017) kemarin. Namun karena titik posko pengungsian tersebar di berbagai lokasi maka pembagiannya tidak bisa serentak.

Solusinya, ungkap Khofifah, bantuan didrop di wilayah Karangasem baru kemudian di distribusikan ke lokasi pengungsian lain seperti Buleleng, Klungkung, juga wilayah lain. "Cadangan beras sudah bisa dikeluarkan (Karangasem). Posko lainnya akan segera didistribusikan," tutur Khofifah. 

Baca juga:
Sesuai prosedur agar bantuan bisa langsung tersalurkan ke titik lokasi pengungsian, pihaknya akan meminta SK dari Gubernur, tanpa SK bantuan tidak bisa jalan. "Tanpa aSK Gubernur ya memang harus dikirim ke Karangasem dulu baru selanjutnya didistribusikan lagi ke posko lain," ujarnya.

Sementara itu informasi jumlah pengungsi yang dirilis oleh BNPB pada Selasa 26 September 2017 pukul 18.00 Wita jumlah penduduk yang sudah berada di posko pengungsian mencapai 75.673 jiwa.

Jumlah tersebut tersebar di 377 titik di 8 kabupaten dan Kota Bali. Selain logistik, hal utama yang juga harus diperhatikan menurut Khofifah adalah kebersihan sanitasi di lokasi pengungsian.

Dirinya telah meminta para petugas yang berada di titik posko pengungsian agar selalu memantau betul kebersihan sarana dan fasilitas sanitasi di sana. Mengingat banyaknya pengungsi yang pasti membutuhkan fasilitas tersebut. (Made Sugandha/gun)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners