Rekomendasi

Duuhh! Angka Kemiskinan di Karanganyar Bertambah

Jumat, 29 September 2017 : 21.07
KARANGANYAR - Angka kemiskinan di Karanganyar mengalami peningkatan, dari sebelumnya tahun 2016 hanya 12,46 persen, menjadi 12,49 persen di tahun 2017, dari total penduduk Karanganyar yang mencapi 861.000 jiwa.

Meningkatnya angka kemiskinan di Karanganyar ini, diketahui saat pembahasan rancangan peraturan daerah (Raperda) penanggulangan kemiskinan di gedung DPRD setempat.

Peningkatan angka kemiskinan tersebut, dipaparkan kepala badan penelitian dan pengembangan Pemkab Karanganyar, yang juga sekretaris tim koordinasi penanggulangan kemiskinan daerah (TKPKD), Muh Indrayanto.

Angka kemiskinan tersebut, tersebar di sejumlah kecamatan, seperti kecamatan Mojogedang, dan Kecamatan Gondangrejo. Meningkatnya angka kemiskinan tersebut, mendapat tanggapan dari ketua Komisi D DPRD Karanganyar, Endang Muryani.

Menurutnya, peningkatan angka kemiskinan ini, merupakan sebuah peringatan agar pemkab segera melakukan evaluasi terhadap berbagai kebijakannya, terutama dalam hal pengentasan kemiskinan, baik dari sisi pendataan, regulasi maupun penganggarannya, sehingga tidak salah sasaran.

“Apa yang menjadi kebijakan pemkab dalam penanggulangan kemiskinan tidak berjalan dengan maksimal, sehingga terjadi peningkatan angka kemiskinan,” kata Endang, Jumat (29/9/2017).

Endang juga meminta agar tim koordinasi penanggulangan kemiskinan daerah (TKPKD) yang baru saja terbentuk, tidak hanya sekedar formalitas.

“Fungsikan tim ini secara maksimal dengan menggandeng seluruh elemen masyarakat serta pemangku kepentingan dalam kegiatan penanggulangan kemiskinan,” tandasnya. (Iwan Iswanda/rahayu)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya