Rekomendasi

Ini Penyebab Damkar Sering Terlambat Tiba Dilokasi Kebakaran

Rabu, 27 September 2017 : 21.29
SUKOHARJO - Luasnya jangkauan wilayah Kabupaten Sukoharjo menyebabkan layanan mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Sukoharjo sering terlambat tiba di lokasi kebakaran saat dibutuhkan.

Idealnya respon time setelah laporan kejadian adalah 15 menit, namun hal itu sulit dilakukan karena berbagai faktor. Selain keterbatasan jumlah armada dan petugas, jarak jangkauan antara posko Damkar dan lokasi kebakaran juga ikut berpengaruh dalam kecepatan penanganan pemadaman.

"Untuk jumlah personil saat ini 30 orang sedangkan jumlah armada Damkar ada 9, namun yang benar-benar ready hanya 6. Jadi dilihat dari luas jangkauan wilayah, ini tidak ideal," terang Kepala Bidang Damkar Satpol PP Sukoharjo, Margono, Rabu (27/9/2017)

Atas permasalahan tersebut, Margono mengaku sudah menyampaikan ke Sekretaris Daerah (Sekda) agar menjadi perhatian. Setidaknya ada penambahan pos damkar baru selain di ibukota kabupaten sehingga dapat mempersingkat waktu tempuh jika terjadi musibah kebakaran.

Perlu diketahui, hingga akhir bulan September ini, ‎jumlah kebakaran yang ditangani oleh Damkar Sukoharjo mencapai 67 kejadian. Jumlah tersebut naik sekira 20 persen dari jumlah total tahun 2016 lalu. Jumlah tersebut kemungkinan masih bisa bertambah hingga akhir tahun mendatang.

"Untuk tahun ini jumlah kebakaran meningkat. Selain karena musim kemarau, faktor kelalaian manusia atau human error juga arus pendek konsleting listrik," katanya.

Dari kejadian itu, jumlah kerugian disebutkan angkanya mencapai Rp 14 miliar lebih. Adapun kerugian materi yang paling besar adalah terbakarnya pabrik tekstil PT Duta Merlin bulan lalu. (Sapto Nugroho/gun)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners