Rekomendasi

Gunung Agung Awas, Ini Upaya Pastika Yakinkan Bali Aman Dikunjungi

Sabtu, 07 Oktober 2017 : 09.30
DENPASAR - Beragam cara ditempuh orang nomor satu di Bali I Made Mangku Pastika untuk memastikan bahwa Bali aman dan masih bisa dikunjungi meski saat ini gunung terbesar di Bali dalam status 'Awas'.

Setelah sebelumnya memberi keterangan kepada beberapa Konsulat Jendral (Konjen) beberapa negara sahabat, kali ini, Gubernur Pastika memberikan penjelasan terkait perkembangan aktivitas Gunung Agung kepada Duta Besar (Dubes) Prancis Jean Charles Berthonnet, Jumat (6/10/2017).

Dalam pertemuan tersebut Pastika membeberkan bagaimana ersiapan dan tindakan yang telah dilakukan pemerintah untuk menenangani para pengungsi seandainya gunung Agung ini terjadi erupsi.

Termasuk juga bagaimana upaya menangani para wisatawan yang kebetulan sedang berwisata ke Bali saat terjadi erupsi.

"Hasil laporan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), aktivitas vulkanik dangkal dari Gunung Agung mulai menurun, dengan begitu diharapkan erupsi tidak terjadi," ujar Pastika, Jumat (6/10/2017).

Dengan peralatan modern, para ahli dari tim vulkanologi yang berada di pos pemantauan dusun Rendeng, Karangasem Bali, terus mengupdate setiap aktifitas gunung Agung agar bisa diketahui, dan seandainya ada erupsi pemerintah sudah bisa langsung ambil tindakan.

Terkait keamanan wisatawan, seandainya terjadi erupsi, dan menganggu penerbangan pesawat di bandara Internasional Ngurah Rai yang terpaksa harus di tutup, pemerintah akan memfasilitasi dan mengakomodasi wisatawan yang akan pulang menuju bandara terdekat seperti melalui Bandara di Surabaya atau Lombok.

"Semua sudah dipersiapkan dengan matang dengan dukungan daripemerintah Kabupaten dan Provinsi hingga pemerintah pusat," pungkas Pastika. (Made Suganda/fer)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya