Rekomendasi

Perubahan Global Semakin Cepat, Presiden Jokowi: Inovasi Jawabannya

Selasa, 10 Oktober 2017 : 09.39
SURABAYA - Presiden Joko Widodo meminta semua sektor di Indonesia untuk segera melakukan inovasi agar mampu beradaptasi terhadap perubahan global yang saat ini terasa makin gencar.

Dimana perubahan itu berdampak langsung pada sektor politik, ekonomi, sosial, dan media hampir di seluruh negara.

"Di bidang politik, hampir seluruh kepala negara menyampaikan lanskap politik global yang akan berubah di era keterbukaan seperti saat ini," papar Jokowi saat mengunjungi Graha Pena, Surabaya, Jawa Timur.

Termasuk juga lanskap ekonomi, yang secara nyata terlihat dari dampak pergeseran offline ke online, yang kemudian banyak diasumsikan daya beli masyarakat menurun. Tren pembelian online turut memengaruhi pergeseran budaya konsumen dalam membeli sebuah produk.

"Kayak toko, ada yang tutup enggak sadar kalau offline itu sudah kalah dengan online karena di sini lebih murah," ujar presiden lagi. Begitu juga dengan transaksi rumah tangga secara online dapat dipantau seperti halnya di situs belanja online milik korporasi.

"Dua persen itu yang terdeteksi di Blibli.com, Mataharimail.com, tapi yang jualan pribadi yang jutaan apa bisa dicek satu-satu? Enggak bisa," ujar presiden lagi.

Dampak pergeseran di era global, menurut presiden, juga akan berimbas di sektor media. Dalam kurun 5 sampai 15 tahun mendatang dimungkinkan bertumbuh inovasi baru, di mana generasi milineal sudah mengakses media secara online.

Termasuk media TV, menurut presiden akan bergeser ke Netflix, yang mempermudah membuka informasi lewat tayangan video.

Presiden selanjutnya berharap kepada para awak media untuk ikut aktif menyumbangkan narasi publik yang kreatif, optimis, dan inovasi. Tentunya lewat pemberitaan yang dapat menumbuhkan optimisme publik, informatif, dan mendorong tumbuhnya mindset baru untuk berkembangnya inovasi baru. (Niken/fer)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners