Rekomendasi

Adu Kuat Gerindra dan PDIP di Pilgub Jateng

Sabtu, 23 Desember 2017 : 20.11
KARANGANYAR - Gelaran pemilihan gubernur (Pilgub) yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang, dipastikan akan berlangsung sengit.

Hal tersebut dikatakan pengamat politik dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Muhammad Yulianto, saat ditemui usai memberikan materi pendidikan politik di hadapan para kader Partai Gerindra, dalam rakercab partai tersebut di gedung DPRD Karanganyar, Sabtu (23/12/2017).

Menurutnya, saat ini PDIP masih dianggap sebagai satu kekuatan politik yang masih sulit terkalahkan di Jawa Tengah. Saat ini, lanjutnya, partai politik membangun koalisi mengalahkan balon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung PDIP.

"Saat ini, PDIP masih dipersepsikan mendominasi Jawa Tengah. Untuk bisa mengalahkan balon gubernur dari PDIP, harus dengan head to head. Untuk itu, sejumlah partai politik mulai membangun koalisi untuk berhadapan dengan PDIP dalam pilgub Jawa Tengah mendatang," katanya, Sabtu (23/12/2017).

Di internal PDIP sendiri, ada sejumlah nama yang kemungkinan akan bertarung dalam pilgub mendatang, diantaranya, Ganjar Pranowo, Mustofa (bupati Kudus), Wardoyo Wijaya serta mantan bupati Klaten, Sunarno.

"Ganjar Pranowo, meskipun dia masih diliputi opini kasus korupsi E KTP yang menyebut namanya, tetap menjadi salah satu balon yang cukup kuat," ujarnya.

Sedangkan dari Parpol lain, ada nama Sudirman said, yang telah direkomendasikan oleh Partai Gerindra sebagai balon gubernur Jawa Tengah. Sosok Sudirman Said, lanjutnya, merupakan orang teknokrat dianggap mampu membawa perubahan di Jawa Tengah.

Hanya saja, untuk bisa mengalahkan pasangan yang nantinya akan diusung PDIP, Sudirman Said harus berpasangan dengan tokoh yang memiliki basis ummat yang bagus.

"Jika melihat dari geo politik, idealnya Sudirman said harus berpasangan dengan tokoh yang memiliki basis ummmat yang kuat, seperti dari kalangan NU. Sedangkan dari PDIP, jika Ganjar Pranowo nantinya akan direkomendasikan oleh DPP, maka sebagai pasangannya adalah Mustofa yang saat ini rajin membangun komunikasi ke lintas daerah.

Jika kedua pasangan ini resmi sebagai calon, maka, pilgub Jawa Tengah akan berlangsung sengit," jelasnya. (Iwan Iswanda/fer)
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners