Rekomendasi

Catatan Akhir Tahun Aspemo, Jokowi Harus Benahi Buruk Rupa Pers (3)

Minggu, 24 Desember 2017 : 20.42
YOGYAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Pemilik Media Online (ASPEMO) Iskandar Sitorus mengatakan Aspemo sebagai subjek hukum seperti aturan pasal 6 butir a sampai e,tetap berniat kuat melaksanakan perannya memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui, menegakkan nilai-nilai dasar demokrasi.

Mendorong terwujudnya supremasi hukum, dan Hak Asasi Manusia, serta menghormati kebhinekaan, mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat dan benar, melakukan pengawasan, kritik, koreksi, dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum; serta memperjuangkan keadilan dan kebenaran.

Karena bab IV pasal 9 butir satu dan dua menyebut setiap warga negara Indonesia dan negara berhak mendirikan perusahaan pers berbentuk badan hukum Indonesia, maka 'pernyataan' yang kerap menyebutkan bahwa badan hukum pers harus perseroan terbatas (PT) adalah tindak pidana melawan UU ini.

Untuk pasal 10 yang mensyaratkan perusahaan pers memberikan kesejahteraan kepada wartawan dan karyawan pers dalam bentuk kepemilikan saham dan atau pembagian laba bersih serta bentuk kesejahteraan lain, tetap menjadi hal yang diperhatikan walau secara nyata hal ini cukup sulit.

"Namun kami tetap akan berupaya," kata Iskandar Sitorus pada wartawan di Yogyakarta, Minggu (24/12/2017).

Baca juga:
Aspemo juga membeberkan bahwa pasal 12 yang menyebut Perusahaan Pers wajib mengumumkan nama, alamat dan penanggung jawab secara terbuka melalui media yang bersangkutan.

Khusus untuk penerbitan pers ditambah nama dan alamat percetakan sudah dilakukan anggota kami. Tampilan dilayar tentu berbeda satu dengan yang lain namun esensinya sama dengan aturan UU Pers.

"Yang sangat polemik saat ini adalah aturan bab lima romawi pasal 15 tentang DP. Di ayat 1 disebut dalam upaya mengembangkan kemerdekaan pers dan meningkatkan kehidupan pers nasional, dibentuk DP yang independen. Sayang, tidak ada definisi sedari awal yang menjelaskan apa DP itu," jelasnya. (dab/gun)
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners