Rekomendasi

Fasilitasi Warga Binaan Rutan Kelas I Surakarta, Peradi Gelar Natal Bersama

Jumat, 29 Desember 2017 : 21.17
SOLO - Ratusan warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Klas I Surakarta mengikuti perayaan Natal yang di fasilitasi Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (DPC Peradi) Solo, Jum'at (29/12/2017).

Ketua DPC Peradi Solo, M Badrus Zaman menyampaikan, tujuan digelarnya natal bersama warga binaan tak lain untuk meningkatkan keimanan dan memberi motivasi agar yang dulu berbuat tidak baik menjadi sadar.

"Kehadiran kami di sini (rutan) memotivasi warga binaan maupun tahanan titipan supaya tidak larut dengan kesedihan karena berada didalam penjara saat perayaan Natal," terangnya

Selain itu, sebagai organisasi yang berkecimpung di bidang hukum, Peradi juga mempunyai misi sosial yakni membantu para penghuni rutan mendapatkan hak-haknya. Misalnya terkait hak mendapatkan remisi atau pengurangan masa hukuman.

"Ada yang minta bantuan menjembatani mengurus mendapatkan hak remisi. Terhadap mereka yang minta bantuan, tentunya kami akan bantu," tandas Badrus.

Menurutnya, tidak semua yang mengikuti perayaan Natal di Rutan Klas I Surakarta ini warga binaan yang sudah mendapat vonis hukum inkracht (berkekuatan hukum tetap). Beberapa ada yang sedang menjalani proses persidangan menunggu vonis pengadilan.

Sementara, Kasi Pelayanan Tahanan Rutan Klas I Surakarta Solichin menyampaikan, sebelumnya dalam perayaan Natal tahun ini, pada 26-27 Desember 2017 kemarin, pihaknya telah membuka kunjungan khusus.

"Kunjungan berlaku untuk umum. Jadi semua anggota keluarga bisa memanfaatkannya untuk melakukan kunjungan. Ini sama halnya dengan saat perayaan Lebaran," pungkasnya. (Sapto Nugroho/gun)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya