Rekomendasi

Festival Bendera, Wujud Penghormatan Terhadap Pangeran Samber Nyawa

Sabtu, 30 Desember 2017 : 21.36
Loading...
KARANGANYAR - Untuk pertama kalinya, warga Desa Gerdu, Kecamatan Karangpandan, menggelar festival bendera. Festival yang digelar selama dua hari, mulai tanggal (30/12/17) sampai (31/12/2017) tersebut, dilaksanakan di dusun Tuk Ndero tersebut, diawali dengan iring-iringan ratusan warga dengan membawa aneka bendera.

Aneka bendera warna warni ini kemudian ditancapkan di salah satu tebing yang berada di tengah Dusun. Lokasi penancapan ini, kemudian dikenal dengan nama Tuk Ndero. Usai penancapan bendera, dilanjutkan dengan performing art dari para seniman Solo dan Jogjakarta yang diiringi Lawu Perkusion, Karangpandan.

Kepala Desa Gerdu, Suwarno, mengatakan, lokasi penancapan ini, berdasarkan cerita sejarah dari para orang tua, merupakan lokasi penancapan bendera perjuangan Raen Mas Said atau yang lebih dikenal dengan nama Pengeran Sambernyawa tersebut, ketika berjuang melawan penjajah.

Untuk mengenang dan menghormati semangat perjuangannya, warga Desa Gerdu, secara gotong royong menggellar festival bendera.

"Ada nilai sejarah dalam festival bendera ini. Berdasarkan cerita sejarah yang kita dapatkan dari orang tua, Pangeran Sambernyawa pernah menancapkan bendera ketika perang melawan penjajah. Untuk mengenang dan menghormatinya, kita gelar festival yang kita kemas menjadi event wisata," kata Suwarno, Sabtu (30/12/2017).

Menurut Suwarno, festval bendera ini, murni inisiatif warga. Seluruh pendanaan, lanjut Suwarno, diperoleh dari iuran warga. Festival ini, masih menurut Suwarno, akan terus digelar sebagai agenda tahunan Desa Gerdu.

"Masyarakat sangat antusias mengikuti festival ini. Dampak positifnya, festival ini dapat mendongkrak ekonomi kerakyatan," ujarnya. Kepala Dinas Pariwisata Karanganayar, Titis Jawoto, mengatakan, pihaknya akan terus mendorong upaya menggali potensi wisata yang dimliki oleh Desa.

"Kita akan terus mendorong. Nanti akan kita fasilitasi apa yang mereka butuhkan, sehingga kita harapkan, Desa di Karanganyar memiliki destinasi wisata unggulan," jelasnya. (Iwan Iswanda/rahayu)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners