Rekomendasi

Hujan Deras, Tiga Dapur Rumah Ambrol

Rabu, 27 Desember 2017 : 22.09
KARANGANYAR - Hujan deras yang terjadi sepanjang hari Selasa (26/12) siang hingga malam hari, menyebabkan terjadinya longsor. Akibatnya, tiga dapur rumah warga yang berada di Dusun Ngudal, Rt 02/Rw 10, Desa Nglebak, Kecamatan Tawangmangu, ambrol.

Dapur rumah warga yang ambrol tersebut, masing-masing milik Patno (55), Sugiyem (65) serta Paimin (50). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian diperkirakan mencapai Rp100 juta.

Kapolres Karanganyar, AKBP Henik Maryanto, melalui Kapolsek Tawangmangu, AKP Riyanto mengatakan, longsor tersebut dipicu akibat hujan deras yang terjadi sejaka Selasa (26/12) siang hingga malam hari. Rumah ketiga korban yang berada di atas tebing setinggi 7 meter tersebut ambrol.

Aparat Kepolisian, Koramil serta BPBD yang tiba di lokasi, langsung melakukan evakuasi terhadap pemilik rumah serta harta benda mereka ke tem;pay yang lebih aman. "Sudah kita lakukan evakuasi. Untuk sementara, ketiga pemilik rumah untuk sementara mengungsi ke tempat yang lebih aman," kata Kapolsek, Rabu (27/12/2017).

Sementara itu, kepala harian BPBD Karanganyar, Bambang Djatmiko, meminta kepada masyarakat, terutama yang berada di daerah rawan bencana, untuk meningkatkan kewaspadaan. Pasalnya, lanjut Bambang, dalam sepekan terakhir, curah hujan di wilayah Karanganyar dan sekitarnya cukup tinggi.

Dijelaskannya, daerah yang masuk zona merah rawan bencana tanah longsor, meliputi, Tawangmangu, Ngargoyoso, Karangpandan, Jatiyoso. Sedangkan daerah rawan banjir, meliputi, Kebakramat, jaten dan Gondangrejo.

“Kami minta masyarakat untuk tetap waspada, terutama yang berada di daerah rawan bencana longsor dan banjir. Segara melaporkan kepada aparat terdekat jika terjadi bencana,” ujarnya.(Iwan Iswanda/gun)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya