Rekomendasi

Jaga Warisan Seni Tradisi, Disdikbud Gelar Festival Dalang Bocah

Sabtu, 23 Desember 2017 : 20.15
Loading...
SUKOHARJO - Sebuah kegiatan untuk melestarikan kesenian tradisional berupa seni pertunjukan wayang kulit digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo dengan sasaran peserta siswa Sekolah Dasar (SD) di Sukoharjo.

Kegiatan berupa Festival Dalang Bocah bertempat di Pendopo Disdiknas Sukoharjo pada, Sabtu (23/12/2017) ini, merupakan kali pertama diadakan. Sedikitnya 16 dalang bocah berbusana jawa lengkap bak dalang dewasa bergiliran unjuk gigi berlomba menjadi yang terbaik.

Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Sukoharjo,, Siti Laila, menjelaskan ide penyelenggaraan bertujuan menumbuhkan kecintaan serta melestarikan seni pewayangan. Dan yang tak kalah penting adalah mencari bibit generasi penerus dalang wayang kulit sejak dini.

"Tujuan kami tentu mencari bibit dalang muda. Biasanya yang sering dijumpai, sosok dalang itu selalu orang yang sudah berumur. Maka kami gali minat tersebut dari kecil agar budaya ini tetap bisa dilestarikan ke anak muda," ujar Siti

Dalam festival dalang bocah ini imbuh Siti, tiap peserta bebas memilih tema atau lakon cerita dengan lama penyajian masing-masing diberi waktu 30 menit.

Adapun peserta yang diputus sebagai pemenang oleh dewan juri sebagai juara pertama, selain mendapat thropy juga berhak memperoleh uang pembinaan sebesar Rp 2.5 juta. (Sapto Nugroho/rahayu)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners