Rekomendasi

Jelang Natal: Polres Karanganyar Sterilisasi Gereja

Jumat, 22 Desember 2017 : 14.45
KARANGANYAR - Menjelang perayaan Natal, Gereja Santo Pius, yang berada di jalan Lawu Karanganyar Kota, disterilkan, Jumat (22/12/2017). Sterilisasi dilakukan dengan menyisir di semua ornamen Gereja Santo Pius oleh personel Sabhara Polres Karanganyar.

Selama hampir 1 jam penyisiran, petugas tidak menemukan adanya bahan peledak. Kapolres Karanganyar, AKBP Henik Maryanto, melalui Kabaag Ops, Kompol Soni Suharna mengatakan, dalam sterilisasi tersebut, sejumlah personel diturunkan untuk menyisir seluruh bagian gereja.

Dengan menggunakan metal detector, petugas memastikan tidak ada bahan peledak berada di dalam tempat ibadah. Sterilisasi ini juga melibatkan anjing pelacak, untuk mendeteksi benda yang mencurigakan.

"Di Karanganyar, terdapat lima gereja di Karanganyar yang menjadi prioritas utama pengamanan, karena jumlah jemaatnya cukup banyak. Meski demikian, gereja lain tetap mendapat perhatian dalam pengamanan," kata Kompol Soni, Jumat (22/12/2017).

Dijelaskananya, para jemaat yang akan mengikuti Misa Natal, akan menjalani pemeriksaan sebelum memasuki gereja. Dikatakan juga, jemaat yang akan mengikuti misa Natal juga akan diperiksa sebelum memasuki ruangan gereja dengan menggunakan metal detektor.

"Para personil akan kita tempatkan di depan, untuk mengecek jemaat yang akan masuk. Kami juga menghimbau kepada para jemaat, agar tidak menggunakan atau memakai perhiasan yang dapat mengundang perhatian," tegasnya.

Sementara itu, Koordinator keamanan gereja Santo Pius, RS Sudiyoko mengatakan, perayaan Natal akan dimulai pada hari Minggu (24/12) malam. Menurutnya, diperkirakan, jumlah jemaat yang hadir mencapai 2.500 orang.

Untuk itu, lanjutnya, pihaknya juga menyiapkan pengamanan internal untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi. (Iwan Iswanda/gun)
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners