Rekomendasi

Mendikbud Resmikan Museum Tino Sidin

Kamis, 14 Desember 2017 : 21.36
Loading...
YOGYAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy meresmikan patung Tino Sidin dan Pameran Lukisan 'Tribune to Tino Sidin', 92 tahun Menginspirasi Indonesia di kediamannya Jalan Tino Sidin, Kadipiro, Yogyakarta.

Sejumlah seniman, budayawan, dan tokoh masyarakat menyaksikan peresmian itu.

"Pak Tino merupakan motivator pendidik yang sangat baik. Dalam mengajar, Tino Sidin menerapkan suatu pendekatan khas berbasis nilai-nilai dasar bangsa Indonesia, yaitu mendidik anak dengan menerapkan sistem among, mengasuh dan mendidik sepenuh hati," katanya, Kamis (14/12/2017).

Menurut Muhadjir, masing-masing gambar memiliki hasil yang unik, maka ia selalu memberikan apresiasi dan penghargaan atas hasil usaha anak-anak dalam belajar.

Sikap itulah yang patut diteladani oleh setiap insan pendidik untuk terus memberikan dukungan kepada anak-anak, terutama dalam membentuk karakter yang mandiri, kreatif, dan inovatif.

Kebersamaan dalam belajar dengan Pak Tino, kata dia, selalu menciptakan kegembiraan pada anak. Ia mampu memandu menggambar dengan memanfaatkan pola garis lurus dan garis lengkung, tetapi tetap membebaskan anak untuk menentukan pilihan bentuk sesuai dengan keinginannya.

''Pak Tino memiliki metode melatih sesuai dengan keyakinannya, ia memilih metode yang menurutnya mudah diikuti oleh anak-anak. Beliau menciptakan jembatan penuntun agar anak menjadi bisa menggambar dengan diliputi rasa bahagia, optimis, dan mudah.

Dalam hal ini penumbuhan kegemaran dan rasa gembira dalam proses belajar atau berlatih menjadi aksentuasi penting pengajaran ala Tino Sidin,'' katanya.

Selain aktif dalam dunia menggambar, sosok Tino Sidin juga memiliki banyak peran di berbagai bidang.

Ia seorang guru, seorang pejuang kemerdekaan, seorang nasionalis, seorang pandu, seorang perupa, penulis buku, ilustrator buku, komikus, pemain film, seorang bapak yang hangat, pribadi dengan relasi luas, dan seorang yang dituakan di kalangan penekun olah batin dan kawruh kasepuhan Jawa. (dab/rahayu)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners