Rekomendasi

Pemberantasan Korupsi Target Utama Polres Boyolali

Kamis, 28 Desember 2017 : 09.57
Kapolres Boyolali, AKBP Aries Andhi dalam gelar rilis akhir tahun di Mapolres setempat ( Sapto Nugroho)
BOYOLALI - Kasus tindak pidana korupsi tak hanya menjerat pejabat tinggi. Pada tataran pemerintah terendah tingkat desa, perilaku melanggar hukum tersebut bak virus ganas rupanya juga menjangkiti perangkat desa. Hal ini terungkap saat rilis akhir tahun yang digelar Polres Boyolali, Rabu (27/12/2017)

Kapolres Boyolali, AKBP Aries Andhi menyampaikan, tercatat sepanjang 2017 sedikitnya ada dua kasus korupsi menonjol yang telah ditangani untuk dibawa ke meja hijau pengadilan dengan menyeret pelaku terdiri oknum perangkat desa.

Berkaca dari dua kasus tersebut, Kapolres pun bertekad pada 2018 mendatang pihaknya akan fokus pada pemberantasan dan upaya pencegahan tindak pidana korupsi. "Itu (korupsi) akan menjadi titik perhatian kami, dengan berkomitmen melakukan pemberantasan serta menggiatkan proses pencegahan," ucapnya

Diungkapkan Kapolres, kasus korupsi dengan pelaku oknum perangkat desa tersebut diantaranya dengan modus membuat aturan desa sendiri diluar sistem pemerintahan desa yang dibenarkan. Tujuannya meminta sejumlah uang atau gratifikasi kepada pelaku usaha yang akan berinvestasi di desa.

"Uangnya tidak digunakan untuk kepentingan desa namun masuk kantong pribadi," ungkap Kapolres. Sedang kasus korupsi yang menjerat perangkat desa lainnya adalah penyelewengan dana desa.

"Oleh inspektorat, semula terhadap oknum perangkat desa ini diberi waktu 60 hari untuk melakukan pertanggungjawaban. Namun yang bersangkutan tak dapat memenuhi," paparnya

Berkaca dari kasus ini, sebagai upaya preventif mencegah penyimpangan penggunaan dana desa, Kapolres akan mengintensifkan peran Bhabinkamtibmas untuk terlibat pengawasan dan tindakan pencegahan korupsi bekerja sama dengan stakeholder terkait

"Selain penindakan hukum, polisi juga mengedepankan upaya pencegahan, diantaranya dengan terlibat aktif dalam proses perencanaan keuangan di desa. Kita tak ingin anggaran pemerintah diselewengkan," tandasnya. (Sapto Nugroho/gun)

Video Viral

Keseruan Saat AHY Putra SBY Disuguhi Martabak Oleh Gibran

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners