Rekomendasi

Pertengahan 2018 Mobil Esemka Diluncurkan

Minggu, 31 Desember 2017 : 11.54
YOGYAKARTA - Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), AM Hendropriyono angkat bicara terkait produksi mobil nasional (mobnas) Esemka. Dia mengaku memang diberi tugas oleh Presiden Joko Widodo untuk memproduksi dan mengembangkan mobnas itu.

"Ini tugas untuk saya, dulu Pak Jokowi bilang kita dulu dijajah kompeni, satpam perusahaannya yang datang. Masak sekarang masih dijajah, yang dikirim marketingnya. Saya tersentuh kalau gitu kita harus bisa produksi mobnas," kata Hendropriyono, kepada wartawan seusai konsolidasi internal Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) Indonesia di Kadirojo, Sleman.

Bersama relasinya, Hendropriyono akhirnya mulai tahapan produksi mobnas. Dia mengaku dari mesin, interior, hingga eksterior, diproduksi sendiri tanpa keterlibatan pemerintah maupun perusahaan asing.

"Modal sendiri, kerja sendiri, mesinnya bikinan sendiri, apalagi karoseri. Tidak ada fasilitas dari negara," jelas Ketua Umum PKP Indonesia itu.

Ia mengaku mobnas yang diproduksi berkapasitas mesin di atas 1.000 cc. Dia belum bersedia menjelaskan lebih detil spesifikasi lain dari mobnas yang diproduksi oleh perusahaannya itu.

Diketahui Hendropriyono bukan orang asing di dunia otomotif. Dia pernah menjabat direktur perusahaan mobil asal Korea.

Pertengahan tahun 2018 ini, kata dia, mobnas Esemka akan diluncurkan untuk dipasarkan pada masyarakat. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau untuk masyarakat Indonesia yang mampu beli, namun dia engan membeberkannya.

"Tahun depan, paling lambat pertengahan tahun sudah diresmikan. Merk-nya Esemka, sama dengan inisiatif Presiden Jokowi dulu waktu masih jadi Wali Kota Solo," katanya.

Dalam produksi tahap awal, perusahaannya memproduksi lebih dari 1.000 unit sesuai dari pesanan yang diterima. Seluruh tahapan produksi dilakukan di dalam negeri, tanpa keterlibatan pemerintah maupun perusahaan asing. (Dab/irawan)
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners