Rekomendasi

Rem Blong, Truk Molen Penuh Muatan Adonan Semen Terguling Melintang Jalan

Kamis, 28 Desember 2017 : 17.25
BOYOLALI - Kecelakaan tunggal terjadi di jalan raya Boyolali - Solo, tepatnya beberapa puluh meter menjelang persimpangan depan terminal Boyolali. Akibat rem blong, sebuah truk molen penuh muatan sekira 6 kubik adonan semen terguling, Kamis (28/12/2017) sekira pukul 09.00 WIB.

Meski tak ada korban jiwa, namun posisi truk yang melintang di tengah jalan membuat arus lalu lintas tersendat untuk beberapa waktu.

Informasi yang di himpun, truk molen bernopol B 9301 SYM dikemudikan Rio Apri S, (25), warga Wonogiri, melaju dari arah Salatiga (barat) hendak menuju Solo Baru, Sukoharjo mengantar material cor untuk proyek.

Menurut pengakuan pengemudi, selama dalam perjalanan kondisi truk tak ada masalah. Namun, beberapa ratus meter mendekati persimpangan jalan depan terminal Boyolali dia merasakan rem tak lagi berfungsi.

"Tadi ngerem di turunan Ampel juga tak masalah, pakem. Baru setelah sampai depan Universitas Boyolali, rem sudah blong," katanya

Mengetahui kondisi rem tak berfungsi, dia mulai menepikan laju truk sembari menurunkan gigi persneling ke 1 dengan harapan membantu mengurangi kecepatan. Namun kondisi jalan yang menurun membuat truk tak juga berhenti.

Makin mendekati persimpangan padat kendaraan. Akhirnya diputuskan nekat menghentikan laju truk dengan cara menabrakkan ke pembatas jalur lambat yang berada di sisi kiri. Dan truk pun terguling ke kanan tanpa menabrak satupun kendaraan di depannya.

"Untungnya, saat terguling lampu pengatur lalu lintas pas menyala hijau sehingga kendaraan sudah mulai jalan dan tidak ada yang kena," ungkapnya. Sementara truk yang melintang di lajur kiri membuat sedikit muatannya berupa adonan semen tumpah di jalan.

Kejadian laka tunggal tersebut sudah ditanggani Petugas Satlantas Polres Boyolali yang datang ke lokasi dan langsung melakukan rekayasa lalu lintas, mengalihkan kendaraan dari arah barat masuk lewat dalam terminal menghindari kemacetan panjang.

Sedangkan badan truk molen yang melintang di jalan, sekira pukul 12.00 WIB dilakuikan evakuasi menggunakan alat berat berupa truk crane besar yang didatangkan dari Kota Solo. (Sapto Nugroho/gun)
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners