Rekomendasi

Waduh, Server SIAK Lemot Hambat Pencetakan e-KTP

Rabu, 27 Desember 2017 : 21.19
SUKOHARJO – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Sukoharjo, Sriwati Anita menyampaikan, beberapa hari terakhir layanan pencetakan Elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) mengalami gangguan pada jaringan server Sistem Informasi Admimistrasi Kependudukan (SIAK)

Akibat gangguan tersebut Dispendukcapil mengalami hambatan dalam melayani pencetakan e-KTP bagi masyarakat yang membutuhkan.

Jika dalam kondisi normal biasanya dapat mencetak sekira 400 lembar, namun akibat gangguan server ini, praktis petugas tidak bisa berbuat banyak. Mereka tak bisa melakukan pencetakan.

"Jaringan server SIAK mengalami gangguan. Data sulit keluar dan loadingnya sangat lama sehingga (e-KTP) tidak bisa dicetak," terangnya, Rabu (27/12/2017).

Gangguan ini tidak hanya terjadi di wilayah Kabupaten Sukoharjo saja. Menurut Anita, hal itu berdasarkan informasi dari Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Sejauh ini pasokan blanko e-KTP untuk Kota Makmur cukup lancar, Dispendukcapil bisa langsung melayani pencetakan e-KTP bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Sekarang penerbitan Surat Keterangan (Suket) sudah jarang, sebab, pasokan blanko e-KTP sudah cukup lancar dan bisa melayani setiap permintaan. Siapa yang datang, berarti butuh. Selama server lancar, yang datang bisa langsung dicetak," ujarnya.

Perlu diketahui, beberapa waktu lalu Dispendukcapil Sukoharjo telah mendapat kiriman blanko e-KTP sebanyak 5.000 lembar. Jumlah sebanyak itu bisa melayani permintaan sampai 4 hingga 10 hari ke depan.

"Tergantung akses ke server SIAK. Sekarang tidak error, tapi masih lemot," tukasnya. (Sapto Nugroho/irawan)

Video Viral

Keseruan Saat AHY Putra SBY Disuguhi Martabak Oleh Gibran

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners