Rekomendasi

Ada Usulan Bandara Baru Kulon Progo Bernama "Sultan Agung"

Jumat, 05 Januari 2018 : 13.35
ilustrasi bandara
YOGYAKARTA - Anggota Fraksi PKB DPR RI yang juga berasal dari Dapil DIY, Agus Sulistiyono mendukung upaya percepatan pembangunan bandara baru di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Agus punya usulan nama bandara baru itu 'Sultan Agung'.

Usulan pemberian nama Bandara Internasional Sultan Agung atau Sultan Agung International Airport ini muncul atas inisiasi sejumlah tokoh, baik tokoh muda di Kabupaten Kulonprogo yang dinilai sangat cerdas dan mulia.

"Ini saya pikir usulan keren lho, kita patut berbangga hati jika nama Raja kita (Sultan Agung) diabadikan sebagai nama bandara ini," katanya dalam keterangan tertulis, Jum'at (5/1/2018).

Dedikasi Sultan Agung terhadap kemerdekan Republik Indonesia tidak bisa diremehkan. Menurutnya, Sultan Agung itu merupakan sosok yang sangat mendalami ilmu agama, selain sebagai ulama dan umara’ (tokoh pemerintahan saat itu).

"Sultan Agung juga pahlawan nasional, cendekiawan yang ahli dalam berbagai disiplin keilmuan, seperti pertanian, perdagangan dan lain-lainnya," jelasnya.

Menurutnya akan menjadi penting penamaan bandara ini dengan mengabadikan nama Sultan Agung. Harapannya supaya anak cucu dan dunia internasional mengetahui jika Sultan Agung adalah Raja dan Tokoh Pejuang Kemerdekaan RI.

Selain sebagai identitas sosial dari Ke-Istimewa-an Yogyakarta, pembangunan bandara ini harus menjadi bagian dari 'edukasi' kebudayaan dan sejarah nasional.

Sama seperti deretan nama bandara di Indonesia yang sudah ada, seperti Soekarno Hatta, Halim Perdana Kusuma di Jakarta, Juanda di Surabaya, I Gusti Ngurah Rai di Pulau Dewata dan masih banyak lagi lainnya.

"Mereka semua itu kan deretan nama pahlawan nasional dan pejuang kemerdekaan yang tidak perlu lagi kita ragukan komitmen kebangsaannya, tidak diragukan lagi loyalitas dan dedikasinya, jadi ini penting dan harus direalisasikan," ucapnya.

Agus juga berharap agar pembangunan bandara di Kulon Progo ini dapat mendukung kota Yogyakarta sebagai salah satu Destinasi Wisata Terbaik nasional maupun internasional. Sebagai negara yang ditakdirkan dengan ragam kepulaan, Indonesia memang membutuhkan banyak bandara untuk konektivitas.

"Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai salah satu kota dengan destinasi wisata dunia tentu membutuhkan fasilitas dan sarana publik, infrastruktur transportasi yang mendukung dan memenuhi standar internasional," imbuhnya.

Agus berharap agar usulan nama “Sultan Agung International Airport” yang diusulkan oleh tokoh-tokoh pemuda sebagai representasi warga Yogyakarta sebagi nama bandara baru ini dikabulkan.

"Mohon direspon usulan nama tersebut ya pak presiden, nama itu Insya Allah berkah bagi tanah dan keberlangsungan hidup kota kami. Saya kira Presiden tidak keberatan dengan nama “Sultan Agung International Airport” sebagai nama bandara ini," tegasnya.

Sebagaimana diketahui, bandara baru yang masih tahap pembangunan itu bernama New Yogyakarta International Airport (NYIA). Presiden Jokowi melakukan peletakan baru pertama pembangunan pada 23 Januari 2017 lalu.

Jika tak ada rintangan dan hambatan, sesuai rencana pembangunan bandara yang dikebut itu akan berakhir pada 2019. Saat itu, Presiden Jokowi yang juga bakal meresmikan bandara baru ini pada bulan Mei 2019 nanti. (dab/rahayu)
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners