Rekomendasi

Aisyiyah Gelar Tanwir di Surabaya

Selasa, 16 Januari 2018 : 20.48
YOGYAKARTA - Ketua Umum Pimpinan Pusat 'Aisyiyah, Siti Noordjanah Djohantini mengatakan kemakmuran bangsa dan kesejahteran rakyat merupakan bagian penting dari cita-cita nasional yang jadi komitmen awal pendiri bangsa.

Kemakmuran itu sulit terwujud jika kesenjangan sosial, kemiskinan, penguasaan kekayaan negara, dan segala bentuk ketidakadilan masih menjadi kenyataan dalam kehidupan kebangsaan di negeri ini.

Berangkat dari masalah yang kompleks itu, 'Aisyiyah merasa penting mengambil tema 'Gerakan Pemberdayaan Ekonomi Perempuan, Pilar Kemakmuran Bangsa' dalam Tanwir I yang akan digelar pada 19-21 Januari 2018 ini di Universitaa Muhammadiyah Surabaya.

"Tanwir merupakan forum permusyawaratab tertinggi dibawah Muktamar. Tanwir itu nanti akan diikuti sekitar 400 peserta pimpinan 'Aisyiyag se-Indonesia," katanya dalam keterangan pers di Kantor Pimpinan Pusat 'Aisyiyah, Jalan KH Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Selasa (16/1/2018).

Dalam Tanwir itu akan melakukan evaluasi dan merumuskan strategi implementaai dakwah 'Aisyiyah sebagai pokok-pokok pikiran 'Aisyiyah Abad Kedua. Sekaligus, menjawab tantangan global dan nasional terkait program perekonomian yang dihadipi bangsa, termasuk yang dihadapi kaum perempuan.

"Pemberdayaan ekonomi perempuan dapat menjadi penting dalam upaya mengurangi jurang kemiskinan. Perempuan memiliki kekuatan potensial dalam menggerakkan perekonomian bangsa," jelasnya.

Sejumlah tokoh nasional seperti Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nasir, dan sejumlah menteri kabinet kerja bakal hadir dalam Tanwir ini. Rencananya, Tanwir ini bakal dibuka oleh Wakil Presidan Jusuf Kalla.

Sebelum pembukaan Tanwir, akan digelar seminar bertema 'Keluarga Berkemajuan Pijakan Bangaa Berkeadaban'. Seminar itu digelar pada 18 Januari 2018. Sejumlah kegiatan seperti pawai, jalan sehat keluarga, konseling keluarga dan psikologi di Car Free Day.

"Ada juga sarasehan koperasi 'Aisyiyah se Jaw-Bali, serta sejumlah kegiatan lain," jelasnya. Sementara saat Tanwir juga digelar temu bisnis UMKM 'Aisyiyah, bazar, dan jambore pangan lokal sehat dan pentas seni tradisi. (dab/gun)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners