Rekomendasi

BMKG Prediksi Beberapa Hari Hujan Lebat Disertai Petir Bakal Landa Yogya

Sabtu, 20 Januari 2018 : 21.11
YOGYAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY mengingatkan bagi warga untuk meningkatkan kewaspadaannya. Sebab, dalam prediksinya akan terjadi potensi hujan deras disertai petir serta kilat dan angin kencang dalam beberapa hari ini.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Drs. Mulyono R. Prabowo, M.Sc mengatakan tak hanya untuk sekitar DIY saja yang bakal terjadi, tapi masih ada 20 wilayah lainyang juga menghadapi kondisi serupa.

Daerah itu antara lain Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, seluruh Jawa, Bali, NTT, NTB, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara dan Papua.

"Warga kami dihimbau agar waspada dan berhati hati akan dampak peningkatan potensi hujan mulai pertengahan Januari 2018, diperkirakan potensi banjir, longsor, genangan, banjir bandang dan pohon tumbang juga turut meningkat," katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/1/2018).

Sementara wilayah perairan Pulau Enggano, perairan Barat Lampung, Selat Sunda bagian Selatan, perairan Banten, hingga perairan sebelah selatan Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Barat diperkirakan ketinggian gelombang mencapai dua sampai empat meter.

"Kondisi ini cukup berbahaya bagi kapal nelayan dan juga bagi masyarakat pesisir selatan, antara lain di wilayah Pelabuhan Ratu, Pantai Pangandaran, Pantai Cilacap, Parang Tritis, Pantai Pacitan, Pantai Selatan Banyuwangi," katanya.

Dia juga meminta masyarakat agar berhati-hati karena gelombang tinggi di wilayah Pesisir Selatan Jawa cenderung meningkat pada sore hingga malam hari. Pihaknya menghimbau agar masyarakat lebih siap, sehingga segala sesuatu yang tidak diinginkan bisa diminimalisir. (dab/gun)

Video Viral

Keseruan Saat AHY Putra SBY Disuguhi Martabak Oleh Gibran

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners