Rekomendasi

Cari Bibit Unggul Melalui Festival Durian

Jumat, 05 Januari 2018 : 00.00
Loading...
KARANGANYAR - Untuk kedua kalinya, pemkab Karanganyar menggelar festival durian. Festival durian kali ini digelar di terminal wisata Mbangun Makutoromo, Karangpandan, Kamis (4/1/2017).

Festival durian ini diikuti para petani yang bersal dari sentra durian, seperti Kecamatan Mojogedang, Karangpandan, Kerjo, Jumantono, Jumapolo, Jatioso dan Matesih.

Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan Dan Perkebunan Karanganyar, Supramnaryo mengatakan, festival durian yang digelar setahun sekali ini, untuk mengangkat dan mempromosikan durian lokal yang ada di bumi Intanpari.

Selain itu, festival durian ini juga untuk mencari bibit unggul durian sehingga menghasilkan durian dengan kualitas yang baik.

"Melalui festival ini, kita ingin mengangkat dan mempromosikan durian lokal sekaligus mencari bibit unggul untuk dikembangkan lebih lanjut, sehingga menghasilkan buah durian yang berkualitas dan menjadi ciri khas Karanganyar," kata Supramnaryo, Kamis (4/1/2018).

Sementara itu, Mulyono Herlambang, salah satu tim juri mengatakan, kriteria penilaian dalam festival durian ini meliputi beberapa aspek, diantaranya bentuk buah, ukuran buah, warna daging buah, ketebalan daging, rasa buah.

Persentase yang paling tinggi dalam penilaian ini adalah rasa buah, yang mencapai 30 persen.

Menurut Mulyono, festival durian ini diikuti sebanyak 26 peserta dari 7 kecamatan yang merupakan sentra durian di Karanganyar. Dijelaskannya, jika dibandingkan dengan festival tahun lalu, pada festival kali ini, kualitas durian jauh lebih baik.

Sementara itu, sebagai pemenang dalam festival durian ini, adalah Wando, warga Desa Pendem Kecamatan Mojogedang, sedangkan juara kedua diraih wardoyo, dari Kecamatan Matesih.

Usai festival durian, panitia melakukan lelang terhadap 36 tenggok durin kualitas baik. Masing-masing tenggok yang berisi 10 buah durian tersebut, antara Rp800 ribu hingga Rp1,5 juta. (Iwan Iswanda/Rahayu)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners