Rekomendasi

Dinamika Jelang Pilgub dan Pilkada: Kapolda Ingatkan Warga Jateng Tidak Terpancing Isu SARA

Selasa, 02 Januari 2018 : 15.10
KARANGANYAR - Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono, mengingatkan masyarakat untuk tidak terpancing dan terprovokasi isyu SARA dalam pelaksanaan pemilihan gubernur (Pilgub) dan pemilihan kepala daearah (Pilkada) yang akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang.

Hal tersebut dikatakan Kapolda, usai meresmikan gedung dan rumah dinas jajaran Polda Jawa Tengah, di Mapolres Karanganyar, Selasa (2/01/2018). Menurut Kapolda, memasuki tahun politik ini, pengamanan akan dilakukan sesuai dengan agenda Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pengamanan tahap pertama, lanjut Kapolda adalah pengamanan terhadap pendaftaran bakal pasangan calon, baik dalam Pilgub Jawa Tengah, maupun bakal pasangan calon Pilkada di 7 kabupaten/kota.

"Kita telah memasuki tahun politik. Proses pengamanan akan kita lakukan sesuai dengan agenda KPU. Untuk pengamanan pertama, akan kita lakukan saat pendaftaran bakal pasangan calon, baik Pilgub maupun Pilkada," kata Kapolda, Selasa (2/01/2018).

Menurut Kapolda, secara keseluruhan Polda Jawa Tengah, akan menerjunkan sebanyak 21.000 lebih anggotnya, TNI sebanyak 5000 personil ditambah anggota Linmas.

"Pengerahan anggota, tergantung predikasi ancaman di berbagai tahapan. Pengamanan akan kami optimalkan pada saat pencoblosan dan penghitungan suara," terang Kapolda.

Terkait anisipasi terhdap kampanye hitam dan isyu SARA, Kapolda mengungkapkan, telah melakukan pendekatan kepada ulama dan tokoh masyarakat agar memberikan pemahaman yang meneyejukkan kepada masyarakat.

"Pendekatan kepada tokoh masyarakat, tokoh agama dan pimpinan partai politik agar dapat mendinginkan suasana. Masyarakat Jawa Tengah, relative lebih dewasa. Saya juga berpesan kepada seluruh masyarakat, agar tidak mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertaggungjawab," tandasnya. (Iwan Iswanda/martin)
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners