Rekomendasi

Empat Paslon Pilgub Sumsel Jalani Test Kesehatan

Kamis, 11 Januari 2018 : 23.30
Loading...
PALEMBANG - Empat pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan melakukan Test kesehatan di Rumah Sakit Muhammad Hoesin Palembang, usai dinyatakan memenuhi berkas persyaratan verifikasi yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan hingga Rabu (10/1/2018) kemarin.

Test kesehatan ini, dilakukan Kamis (11/1/2018) mulai pukul 07.00 WIB dengan tujuan untuk melihat apakah calon pemimpin Sumatera Selatan layak dalam artian tidak sakit ataupun ketergantungan obat terlarang seperti narkoba saat maju di Pilgub Sumsel.

"Berdasarkan jadwal yang dikeluarkan KPU Sumatera Selatan, test dilakukan dari hari ini, sampai tanggal 15 Januari nanti. Memang ini adalah jadwal tes kesehatan. Ada empat bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang melakukan tes kesehatan," kata Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumsel, Rizal Sanif.

Rizal menjelaskan, untuk tes kesehatan sendiri meliputi tes narkoba oleh BNN Provinsi, kesehatan rohani oleh psikolog dan medis yang dilakukan oleh 30 dokter khusus. Setelah semua rangkaian tes dilakukan, hasilnya nanti akan diputuskan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumsel.

"Saya kira waktu 5 hari ini sudah cukup jika digunakan untuk tes kesehatan seluruh paslon, termasuk riwayat kesehatan yang pernah diderita. Kalau sudah selesai nanti akan diputuskan layak atau tidak, kalau tidak ya harus diganti. Tidak mungkin kesehatan tidak layak tapi akan menjadi pemimpin nantinya," jelas Rizal kembali.

Diketahui, selain empat paslon Gubernur dan Wakil Gubernur ada 35 paslon dari 9 kabupaten/kota yang mengikuti tes kesehatan tersebut. Ini dikarenakan hanya RSMH yang memiliki standar berdasarkan peraturan KPU.

"Standarnya harus rumah sakit tipe A, kita bersyukur di Sumsel sudah ada RSMH yang bisa digunakan untuk tes. Mudah-mudahan semua paslon sehat," kata Rizal. (puspita/martin)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners