Rekomendasi

Fenomena Super Blue Blood Moon, Pusat Observasi PPMI Assalaam Buka untuk Publik

Rabu, 31 Januari 2018 : 10.30
Loading...
Kegiatan peneropongan di observatorium PPMI Assalaam, Pabelan (istimewa)
SUKOHARJO - Malam nanti sebagian penduduk bumi termasuk Indonesia berkesempatan menyaksikan kejadian alam langka, supermoon spesial bernama super blue blood moon yang muncul berbarengan dengan gerhana bulan total.

Langkanya fenomena supermoon yang terjadi pada, Senin (31/1/2018) malam ini lantaran dalam satu bulan terjadi dua kali, maka disebut juga blue moon, yang rata-rata terjadi dua setengah tahun sekali.

Kepala Pusat Astronomi Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalam Sukoharjo, AR Sugeng Riyadi, saat ditemui menyebutkan, guna mengakomodir rasa penasaran masyarakat, pihaknya memberi kesempatan kepada warga umum untuk datang di observatorium yang berada di lantai 7 komplek PPMI Assalaam .

Kegiatan peneropongan di observatorium PPMI Assalaam, Pabelan (istimewa)
"Ini adalah supermoon terbaik dari yang pernah muncul sebelumnya karena munculnya bersamaan dengan gerhana bulan dan menjadi Supermoon kedua pada Januari 2018," terangnya.

Sedikitnya 5 teropong buatan pabrik dan 10 teropong rakitan santri telah disiapkan untuk dimanfaatkan secara bergantian bagi pengunjung yang datang. Selain itu juga akan diselenggarakan sholat gerhana secara bejamaah di masjid PPMI Assalaam.

"Proses gerhana bulan total akan dimulai pukul 19.00 - 22.00 WIB. Namun, waktu terbaik untuk melihat supermoon adalah sesaat setelah moonrise atau saat bulan baru saja muncul dari garis horison. Di Indonesia moonrise diperkirakan terjadi pada 18.08 WIB," pungkasnya. (Sapto Nugroho)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners