Rekomendasi

Harga Beras di Karanganyar Merangkak Naik

Minggu, 14 Januari 2018 : 16.43
KARANGANYAR - Dalam dua pekan terakhir, harga beras di sejumlah pasar tradisional di Karanganyar, mengalami kenaiakan. Kenaikan haraga ini, dikeluhkan para pedagang beras serta ibu rumah tangga.

Seorang pedagang beras di Pasar Jungke, Karanganyar Kota, Paiyem (55) mengatakan dirinya tidak bisa bertahan diharga beras sebelumnya. Menurutnya, kenaikan harga beras ini lebih disebabkan karena kurangnya pasokan beras dari petani (penggilingan padi).

"Kenaikan harga beras sudah dua miggu ini mas. Pasokan juga gak ada. Kalaupun ada pasokan, harga sudah naik. Dengan terpaksa, saya juga menaikkan harga jual," tutur Paiyem, Minggu (14/1/2018).

Dikatakannya saat ini harga beras paling tinggi mencapai Rp 12.500 perkilogram untuk beras kategori super. Sebelumnya harga beras jenis ini hanya Rp 11.000 perkilogram. Sementara untuk harga beras lokal lainnya saat ini dijual dengan harga antara Rp 10.000 pr kilogram.

Dia pun berharap harga beras tidak terus mengalami peningkatan, sebab, kata dia, dengan naiknya harga beras tersebut membuat tingkat penjualan beras di gerainya mengalami penurunan.

"Pelanggan saya juga banyak yang mengeluh, kenapa naik harganya naik. Kalau saya kan menjual beras tergantung harga dari agen," pungkasnya.

Sementara itu, asisten perekonomian Setda Karanganyar, Siti Maesyaroh, ketika dikonfirmasi mengatakan, kenaikan harga beras di Karanganyar masih dalam taraf yang wajar. Menurutnya kenaikan harga disebabkan karena pasokan berkurang.

"Kenaikan harga masih dalam taraf yang wajar, sehingga kita belum perlu untuk melakukan operasi pasar. Untuk Karanganyar sendiri persediaan kita surplus, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir," terangnya. (Iwan Iswanda/rahayu)

Video Viral

Keseruan Saat AHY Putra SBY Disuguhi Martabak Oleh Gibran

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners