Rekomendasi

Harga Beras Melambung, Bulog Gelar Operasi Pasar

Minggu, 21 Januari 2018 : 23.13
SUKOHARJO - Pemerintah Kabupaten Sukoharjo melalui Dinas Perdagangan Koperasi dan UMK, menggelar Operasi Pasar (OP) menjual beras murah di Pasar Tawangsari, Kecamatan Tawangsari, Minggu (21/1/2018).

OP dimaksudkan untuk mengendalikan harga beras dipasaran yang melambung melampaui Harga Eceran Tertinggi (HET) bekerja sama dengan Bulog Sub Divre III Surakarta.

Beberapa warga tampak antusias antri membeli jenis beras medium yang dijual dengan harga Rp 9.100/ kg. Bahkan ada yang sengaja membeli dalam jumlah banyak untuk dijual kembali.

"Harga jual jauh dibawah harga pasaran saat ini yang mencapai Rp11.000 per kg. HET untuk beras medium sendiri sebenarnya sebesar Rp9.450 perkilonya," kata Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Sukoharjo, Sutarmo

Dengan OP beras ini kata Sutarmo, masyarakat bisa mendapatkan beras berkualitas baik dengan harga murah. Setidaknya meringankan beban terutama bagi warga kurang mampu.

Menyinggung soal sasaran OP, Sutarmo menyatakan, tetap warga umum yang kurang mampu, tanpa ada batasan jumlah pembelian. "Namun kami juga memperbolehkan bagi pedagang untuk membeli dan dijual kembali," ujarnya

Menurut Sutarmo, salah satu faktor pemicu melonjaknya harga beras dipasaran saat ini karena permintaan masyarakat cukup tinggi. Sementara itu, Kepala Bulog Sub Divre III Surakarta, Titov Agus S menambahkan, melambungnya harga beras sejak beberapa hari terakhir juga dipengaruhi ketersediaan stok.

“Sebenarnya bukan semata-mata masalah harga sehingga digelar OP. Masalah stok beras juga jadi salah satu faktor,” ujarnya. Dalam pelaksanaan gelar OP beras, Titov menyebut, wilayah Sukoharjo merupakan daerah terakhir di Solo Raya. Meski begitu, Bulog siap menyediakan berapapun kebutuhan untuk OP.

"Saat ini, stok beras di gudang Bulog Subdivre III Surakarta cukup melimpah dan cukup hingga bulan April," pungkasnya. (Sapto Nugroho/dwi indah)

Video Viral

Keseruan Saat AHY Putra SBY Disuguhi Martabak Oleh Gibran

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners