Rekomendasi

Heboh! Temuan Patung "Lembu Andini" Terpendam di Kebun Pisang

Sabtu, 06 Januari 2018 : 20.30
SUKOHARJO - Temuan patung diduga Benda Cagar Budaya (BCB) peninggalan jaman Majapahit gemparkan warga Desa Siwal, Kecamatan Baki, Sabtu (6/1/2018).

Informasi yang berhasil di peroleh, patung berbentuk sapi duduk tersebut terbuat dari batu andesit, ditemukan terpendam di kebun pisang milik Walidi di Dukuh Kaliniti, RT 03/RW 03, Desa Siwal.

Besar kemungkinan benda tersebut merupakan patung Lembu Andini dimana menurut kepercayaan Hindu merupakan tunggangan Dewa Siwal. Sayangnya, saat digali wujudnya tak utuh lagi. Kapala patung sudah hilang.

Salah satu perangkat Desa Siwal, Yusuf mengungkapkan, setelah mendapat laporan pemilik kebun, patung kemudian secara gotong royong digali dari kedalam sekira 10 meter. "Ini baru pertama kali ada temuan patung di sini," paparnya.

Dia menduga, patung yang berhasil di gali dari kedalaman sekira 10 meter ini terkait erat dengan sejarah kawasan sekitar desanya yang tak jauh dari petilasan Kraton Pajang.

"Tadi patung sudah berhasil diangkat dan sementara disimpan dirumah pemilik lahan sambil menunggu perkembangan lebih lanjut. Saya juga sudah berkoordinasi dengan Kepala Desa," ujarnya.

Dengan adanya temuan itu, Yusuf pun berharap jika nanti dilakukan penggalian oleh arkeolog setidaknya kawasan itu bisa jadi aset pariwisata desa. (Sapto Nugroho/irawan)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners