Rekomendasi

Ini Harapan Warga Terhadap Gubernur Bali Terpilih Tolak Reklamasi

Sabtu, 20 Januari 2018 : 21.41
DENPASAR - Gubernur Bali terpilih mendatang diharapkan memiliki ketegasan sikap untuk menolak rencana Reklamasi Teluk Benoa yang menuai kontroversi di masyarakat.

Hal itu menjadi salah satu kriteria yang mesti dimiliki oleh calon Gubernur Bali sebagaimana disuarakan aktivis perempuan Ni Luh Djelantik. Menurut Jelantik, pemimpin ke depan juga harus mampu menjadi pelayan rakyat sejati. Selain itu, tidak pernah terlibat kasus korupsi.

"Gubernur mendatang tidak terikat kontrak politik yang merugikan rakyat Bali, juga tidak terikat mahar dengan pihak-pihak yang akan mencederai proses demokrasi," katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/1/2018)
.
Tak kalah pentingnya, kata dia, calon gubernur dan calon wakil gubernur harus menandatangani Pakta Integritas yang telah ditandatangani partai pengusung dan pendukung. Nantinya, gubernur harus segera mengirimkan surat kepada Presiden RI Joko Widodo meminta agar Perpres No. 51 Tahun 2014 dibatalkan.

"Reklamasi Teluk Benoa harus batal, saya tahu Pak Rai Mantra telah menyatakan dengan tegas menolak reklamasi Teluk Benoa sejak tahun 2013, kini saatnya temani kami beliau untuk memperjuangkannya," tandas Jelantik.

Menurut dia, Bali tanpa reklamasi saja sudah ngos-ngosan, untuk apa memperkaya investor serakah demi sebuah alasan menciptakan 200 ribu lapangan kerja. Dalam pandangannya, Bali tidak perlu itu.

Masih banyak cara menyediakan lapangan kerja dan reklamasi bukan solusi karena hanya akan menghancurkan Bali. "Rakyat Bali tidak meragukan integritas dan dedikasi Pak Rai Mantra untuk rakyat dan telah terbukti selama dua periode memajukan kota Denpasar dan warganya," katanya menegaskan

Jelantik yakin, jika Rai Mantra diberi kesempatan berjuang dalam ruang lingkup yang lebih luas maka Bali akan maju tanpa merusak tatanan budaya yang telah ratusan tahun berjalan.

Sebagai konsekuensinya, dia tanpa lelah akan terus meyakinkan keraguan masyarakat akan rekam jejak sosok calon wakil gubernur dan partai pendukung Mantra-Kerta,.

Jangan sampai ketidakpercayaan masyarakat terhadap calon-calon yang akan bertarung di Pilgub Bali itu kemudian menurunkan kredibilitasnya. Masyarakat harus menyambut Pilgub Bali dengan optimis tidak apatis yang kemudian memutuskan untuk golput.

"Saatnya bergerak, kami yakin Pak Rai Mantra pantas menjadi pelayan rakyat di Bali," tandasnya.

Dalam memperjuangkan semua itu, Jelantik mengaku tak bisa melakukannya sendirian. Meski demikian, dia yakin pernyataan Rai Mantra baik secara tertulis maupun lisan di depan rakyat Bali untuk lima poin penting sepeerti tegas menolak reklamasi, akan merubah keputusan pilihan politik mereka. (Made Sugandha/gun)
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners