Rekomendasi

Megawati: Bung Karno Suka Nonton Wayang Karena Syarat dengan Simbol

Minggu, 28 Januari 2018 : 01.00
JAKARTA - Ketua umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengatakan ayahnya, almarhum mantan Presiden RI Soekarno sangat menyukai wayang. Bahkan kecintaan terhadap wayang, sudah ditunjukan bung Karno sejak kecil. Karena budaya wayang merupakan simbol keseharian masyarakat Indonesia.

“Bung Karno itu sejak kecil sampai jadi Presiden sangat suka nonton wayang. Wayang sebenarnya penuh dengan simbol-simbol dari filosofi yang kita punya sebagai bangsa Indonesia,” Megawati Soekarnoputri saat memberi sambutan pada acara pertunjukkan wayang memperingati HUT 45 Tahun PDI Perjuangan dan HUT 71 Tahun Megawati Soekarnoputri di Tugu Proklamasi, Jakarta, Sabtu malam (27/1/2018).

Menurut Megawati, Bung Karno hampir dua bulan sekali menggelar wayangan di Istana. “Ketika nonton wayang dengan Bung Karno, penotonnya luber sampai duduk di pelataran,” kenang Megawati. Megawati menegaskan, wayang sarat unsur pendidikan yang diberikan si dalang. Tetapi juga menjadi sarana silaturahmi antar masyarakat.

Megawati menyayangkan generasi milenial di era sekarang ini terkesan tidak menjdikan pertunjukkan wayang sebagai sarana berkomunikasi, silaturahmi maupun mencari ilmu dengan mendatangi pertunjukkan wayang. Generasi milenail justru mencarinya di dunia maya melalui media sosial seperti whats up.

Mestinya teknologi canggih dari penggunaan media sosial seperti YouTube yang dikuasai generasi milenial dapat digunakan untuk mengenalkan wayang ke dunia internasional. “Banyak genarasi milenial, sayangnya belum memanfaatkannya untuk menonton wayang,” tegasnya. (Jarot/Akbar Nugroho)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners