Rekomendasi

Pengamat: Temuan Patung Lembu Andini Merupakan BCB Hasil Curian

Minggu, 07 Januari 2018 : 21.31
SUKOHARJO - Pengamat dan pemerhati benda cagar budaya (BCB) Sukoharjo, Bimo "Kokor" Wijanarko, menyebut penemuan diduga patung Lembu Andini di Desa Siwal, Kecamatan Baki, besar kemungkinan hasil curian yang dikubur kembali.

"Kalau melihat bentuk patung sudah tak utuh lagi, kepalanya hilang. Maka benda tersebut telah dicuri dan dikubur kembali," sebutnya, Minggu (7/1/2018).

Menurut Kokor, dimata kolektor benda cagar budaya seperti peninggalan jaman Kerajaan Majapahit sangat bernilai tinggi. Masyarakat Hindu percaya patung berbentuk sapi duduk itu merupakan tunggangan Dewa Siwa.

"Beberapa benda purbakala berbentuk hewan yang sering saya temui, kepalanya pasti hilang. Karena kepalanya sangat berharga dan bernilai tinggi," kata Kokor.

Patung berdiameter sekira 60 cm dengan panjang sekira 1,5 meter tanpa kepala ini berhasil digali dari kebun pisang di Dukuh Kaliniti, Desa Siwal, Kecamatan Baki, Sabtu (6/1/2018) kemaren.

Semula, Walidi sang pemilik kebun, saat sedang mencangkul, mata pisau cangkulnya di kedalaman sekira 10 centimeter (bukan 10 meter-Red) terantuk benda keras yang ternyata batu berwujud patung hewan tanpa kepala. (Baca juga:heboh temuan patung lembu andini terpendam di kebun pisang)

Banyak warga mengaitkan penemuan itu dengan keberadaan situs Petilasan Kraton Pajang yang letaknya hanya ratusan meter dari lokasi temuan patung

Hal itu sangat beralasan, karena masih di wilayah Kecamatan yang sama (Baki), sebelumnya juga pernah ditemukan bongkahan batu mirip Lingga dan Yoni. (Sapto Nugroho/gun)

Video Viral

Keseruan Saat AHY Putra SBY Disuguhi Martabak Oleh Gibran

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners