Rekomendasi

Singaraja Dikepung Banjir Setelah Tiga Jam Diguyur Hujan

Sabtu, 27 Januari 2018 : 11.06
BULELENG - Hampir sebagian besar kawasan Singaraja Ibu Kota Kabupaten Buleleng Bali dikepung banjir menyusul hujan lebat sejak pukul 18.00 Wita hingga pukul 21.00, Jumat (26/1/2018).

Akibatnya beberapa pemukiman warga juga dilaporkan terendam air hingga setinggi lutut orang dewasa. Luapan air yang menggenangi pemukiman warga dilaporkan terjadi pukul 19.30, setelah hujan deras mengguyur wilayah kota.

Beberapa ruas jalan tergenang banjir seperti Jalan Jelintik Gingsir, Jalan Srikandi, Jalan Laksamana, Jalan Serma Karma, hingga Jalan Ahmad Yani. Ruas jalan tersebut sama sekali tak bisa dilintasi kendaraan bermotor khususnya roda dua.

Bahkan, banjir mulai masuk ke pemukiman warga seperti Kelurahan Kampung Kajanan, Jalan Pantai Lingga Kelurahan Banyuasri, serta Pemukiman LC di Desa Baktiseraga.

"Sempat panik juga air sudah masuk ke rumah sampai pukul 19.30, ketinggian air mencapai betis orang dewasa," kata Komang Agus Adi Putra warga Jalan Pantai Lingga.

Menurutnya, ini banjir pertama terjadi di wilayahanya mengingat di sebelah barat ada sungai. Saluran air memang langsung ke arah sungai. Beruntung banjir akhirnya surut sekira pukul 22.00 Wita.

Pande Wismaya warga di LC Baktiseraga. mengungkapkan, saluran air mendadak meluap dari samping rumahnya. Air masuk sampai ke pemukiman warga hingga setinggi lutut orang dewasa.

Kepala Pelaksana BPBD Buleleng Made Subur mengatakan, banjir kerap terjadi di sejumlah titik di Kota Singaraja hingga pihaknya kewalahan melakukan langkah penanggulangan banjir. Sementara ini, warga berswadaya melakukan penanggulangan.

“Kami fokus ke yang benar-benar urgent. untuk mengevakuasi warga yang terjebak dengan mengerahkan sluruh potensi yang ada," tandasnya. Beberapa potensi SAR seperti PMI dikerahkan untuk membantu penanggulangan. Pihaknya akan melakukan assessment untuk pencegahan pascainsiden banjir tersebut. (Made Sugandha/gun)
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners