Rekomendasi

Taman Sakura, Tandai 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang

Sabtu, 27 Januari 2018 : 16.01
KARANGANYAR - Sebanyak 60 pohon Sakura, ditanam di lereng Gunung Lawu Karanganyar, Sabtu (27/01/2018). Penanaman pohon Sakura ini, menandai 60 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Jepang.

Penanaman perdana dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Deputy Chief of Mission Kedutaan Besar jepang di Indonesia, Kozo Honsei, Counselor, Trade Invest and Industry Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Taro Araki serta Direktur PT Toyota Indonesia, Warih Andang Tjahjono.

Deputy Kedutaan besar Jepang di Indonesia, Kozo Honsei, mengatakan, Taman dan Bukit Sakura yang dibangun oleh Toyota Indonesia, merupakan satu-satunya taman dan bukit Sakura di lereng Gunung Lawu, Karanganyar.

Penanaman dan pembangunan taman Sakura ini, menurut Kozo, sebagai pertanda 60 tahun hubungan diplomatic antara pemerintah Indonesia dan Jepang. "Kami berharap, hubungan diplomatik yang dibangun sejak enam puluh tahun lalu, semakin membaik," kata Kozo Hansei, Sabtu (27/1/2018).

Sementara itu gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengatakan, hubungan diplomatic kedua Negara dapat berjalan, monumennya adalah tanaman yang hidup dan berorientasi kepada lingkungan.

Menurut Ganjar, taman Sakura ini, nantinya akan ditata, sehingga menjadi salah satu objek wisata baru. “Kita akan buat seindah mungkin, tentu dengan land scap yang ada. Kita berharap, taman Sakura ini menjadi salah satu objek wisata baru,” ujarnya.

Terpisah, Direktur Toyota Indonesia, Warih Andang Tjahjono, mengatakan, luas lahan Perhutani Gunung Lawu ini yang akan ditanam pohon Sakura seluas 1,2 hektar dari total 5 hektar dalam kurun waktu 5 tahun ke depan.

Dalam penanaman dan pembibitan pohon Sakura ini, Toyota bekerjasama dengan Perhutani, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, LIPI serta Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

“Tanaman Sakura merupakan tanda persahabatan yang sudah terjalin dengan baik selama enam puluh tahun antara Inonesia dan Jepang. Kita berhharap, Bukit Taman Wisata Sakura ini, dapat memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat sekitar Lereng Gunung Lawu,” jelasnya. (Iwan Iswanda/Gun)
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners