Rekomendasi

Tanggul Jebol Rendam Lima Hektar Sawah Siap Panen

Jumat, 19 Januari 2018 : 16.30
Bendungan Telaga Rejobanget jebol akibat hujan deras
KARANGANYAR - Hujan deras yang mengguyur Karanganyar sejak Kamis (18/1) hingga Jumat (19/1/2018) dinihari, malam hari, mengakibatkan jebolnya bendungan Telaga Rejobanget, yang berada di Dukuh Kricikan, Desa Rejosari, Kecamatan Gondangrejo.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa jebolnya tanggul yang dibangun tahun 1974 ini. Bendungan ini, sehari-harinya dimanfaatkan pemerintah desa setempat untuk wisata air dan irigasi pertanian.

Selain merusak tanggul, tanaman padi milik warga seluas 5 hektar terendam air. Total kerugian diperkirakan mencapai Rp 620 juta dengan rincian Rp 500 juta infrastruktur bendungan dan Rp 120 juta lahan persawahan siap panen.

Sumairi, salah satu warga sekitar mengatakan, tanggul ini jebol pada hari Jumat (19/1) sekitar pukul 03.00 Wib. Menurut Sumairi, tanggul yang berusia cukup tua ini jebol, disebabkan karena tanggul tidak dapat menampung debit air, akibat curah hujan yang cukup tinggi.

"Tanggul jebol tadi malam mas (Jumat, dinihari, red.) Bendungan seluas 3 hektar, sampai saat ini belum pernah dilakukan perbaikan," kata Sumairi, Jumat (19/1/2018).

Dijelaskannya, akibat jebolnya tanggul, jalan penghubung antara dusun Genjikan, Trisikan dan Sosokan, putus total. Akibat kejadian ini, untuk sementara pemerintah desa menutup objek wisata air, sampai perbaikan sisi telaga yang jebol selesai diperbaiki. (Iwan Iswanda/Gun)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya