Rekomendasi

Terbentur Adat Istiadat, Presiden Jokowi Batal Relokasi Asmat

Kamis, 25 Januari 2018 : 01.00
Loading...
JAKARTA - Presiden Joko Widodo membatalkan rencana untuk merelokasi masyarakat Asmat ke tempat baru yang letaknya berdekatan dengan pusat layanan kesehatan.

Keputusan membatalkan relokasi setelah Presiden Joko Widodo menerima Gubenur Papua yang memang dipanggil secara mendadak datang ke Istana Negara.

Gubernur Papua Lukas Enembe dan Bupati Asmat Elisa Kambu mengatakan bahwa solusi relokasi yang mungkin dilakukan adalah relokasi setempat mengingat tradisi adat istiadat dan hak ulayat masyarakat setempat.

"Relokasi paling mungkin di tempat mereka sendiri di satu distrik bangun perumahan, jalan, tapi untuk pindah ke tempat lain tidak bisa," ungkap Gubernur Papua.

Menurut Bupati Asmat, dalam pertemuan itu Presiden juga sudah memberikan penegasan bahwa target yang ingin dicapai bukan hanya sekedar menyelesaikan kasus wabah penyakit tapi juga dalam hal ketahanan pangan, pelayanan dasar, pembinaan infrastruktur dasar maupun perubahan kebiasaan masyarakat.

"Jadi fokus pemerintah ke depan mungkin itu yang kita sampaikan dan ini sampai hari ini komitmen pemerintah baik pusat maupun daerah sudah kita kerja berbarengan dan harus diselesaikan," ujarnya.(Nuraini/gun)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners