Rekomendasi

Wow, Batu Besar Berbentuk Lingga dan Naga Gemparkan Warga Jembrana

Jumat, 26 Januari 2018 : 11.30
JEMBRANA - Warga Kelurahan Pendem, Jembrana dikejutkan dengan kemunculan Batu besar berbentuk Lingga dan Naga.

Batu yang berbentuk aneh itu, ditemukan pertama kali oleh Bendesa Pakraman Pendem bersama warganya di hutan pendem yakni sekitar 10 kilometer dari jantung kota saat melakukan ritual keagamaan.

Batu berukuran raksasa ditemukan di jurang terjal dan berbentuk memanjang seperti naga yang lengkap dengan kepala sampai ekor. Batu tersebut juga berbentuk lingga dan sudah ditumbuhi lumut pada bagian depannya.

Bendesa Pakraman Pendem, I Wayan Diandra menuturkan saat dirinya bersama Krama Adat melaksanakan Upacara keagamaan di hutan tersebut, menemukan batu tersebut.

Batu tersebut berukuran sangat besar serta berbentuk Lingga dan Naga. dia menduga batu tersebut adalah benda Purbakala yang digunakan sebagai tempat Pemujaan pada jama itu.

"Sepertinya pada zaman dahulu batu itu adalah tempat Pemujaan Siwa, atau juga secara kebetulan batu itu berbentuk karena proses alam" terangnya.

Menurutnya, sekitar 80 meter sebelah selatan dari batu tersebut ditemukan kuburan batu atau Sarkopagus yang diduga merupakan makam Raja dan kerabatnya atau juga makam kaum Bangsawan.

Diandra memperkirakan bahwa di bawah batu terdapat Yoni, namun belum berani memastikannya karena tidak berani membongkar batu besar tersebut.

Guna memastikannya, penemuan ini sudah dilaporkan kepada pihak terkait yakni Dinas Kebudayaan Kabupaten Jembrana dan Bagian Purbakala Provinsi Bali, dengan harapan batu tersebut diteliti sesegera mungkin. (Made Sugandha/gun)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya