Rekomendasi

Wujudkan Kesejahteraan Rakyat, Harus Kerja Keras di Tahun 2018

Selasa, 02 Januari 2018 : 22.54
YOGYAKARTA - Kemeriahan pesta tahun baru telah berlalu. Masuk tahun 2018 harus dijalani dengan rasa optimisme dengan harapan agar cita-cita yang diinginkan bisa tercapai.

"Rasa optimis di awal tahun ini semoga jadi energi baik untuk menapaki tahun 2018," kata Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto, Selasa (2/1/2018).

Kedatangan wisatawan selama musim liburan ini jadi rezeki tersendiri bagi kepariwisataan DIY. Sebab, mereka rogoh kocek untuk beragam keperluan selama berlibur. "Kita bersyukur ribuan warga bergembira bersama, bisa rukun dan ramah selama melayani wisatawan," imbuhnya dalam keterangan tertulis.

Berbekal keramahan dan kerukunan yang tercermin dalam perayaan tahun baru 2018, dia melihat ada optimisme warga Yogyakarta dalam membangun kebersamaan antara umat beragama.

Buktinya, secara umum selama rangkaian pergantian tahun, tidak ada masalah keamanan dan pelanggaran hukum yang menonjol semua berlangsung dan berjalan apa adanya. "Wisatawan yang datang ke Yogyakarta dan berlibur di sejumlah titik pusat pariwisata terlihat 'sumringah' bisa pelesir dengan aman,'' katanya.

Beragam titik daerah tujuan baik wisata pantai, alam, heritage (sejarah dan budaya), minat khusus, buatan, museum, desa wisata dan kampung wisata terus bertumbuh di Yogyakarta. Eko masih melihat tata kelola kepariwisataan yang ada belum secara sepenuhnya terintegrasi dan dipromosikan dengan baik.

Kondisi itu butuh gandeng tangan banyak pihak, baik pemerintah maupun swasta dan insan pariwisata, agar ke depan bisa meningkatkan masa tinggal dan waktu kunjungan wisatawan di Yogyakarta.

"Soal tata ruang hingga masalah parkir masih butuh pembenahan, itu PR yang musti harus terpecahkan agar tidak terjadi setiap kali musim liburan tiba," tandasnya.

Yang harus dibenahi, katanya, sosialisasi dan edukasi agar selalu ramah terhadap wisatawan. Itu yang harus lebih digiatkan lagi. Apalagi DIY sudah mempunyai peraturan daerah nomor 2/2017 Tentang Ketentraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat.

Begitu juga dengan tata kelola transportasi umum, karena selama ini masih menjadi 'PR' besar pemerintah daerah dan warga Yogyakarta. "Kemacetan saat ini menjadi masalah serius yang harus segera ditangani oleh Pemda DIY bersama bupati dan walikota se DIY," imbuhnya.

Ia berharap agar di tahun baru 2018 ini Pemerintahan DIY bisa bekerja lebih optimal, untuk bersama mengatasi beragam persoalan yang ada, seperti menekan angka kesenjangan kesejahteraan (ratio gini) dan menurunkan angka kemiskinan yang masih menjadi pekerjaan rumah Pemerintah DIY.

"Setelah perayaan pergantian tahun, kita berharap semua bekerja kembali untuk menjalankan program bawa kesejahteraan rakyat. Nyala kembang api sudah padam, saatnya kembali kerja-kerja-kerja dengan semangat yang menggelora," katanya.

Tahun 2018, menurutnya, tahun kerja keras untuk wujudkan kesejahteraan rakyat dalam kehidupan yang lebih tertib dan lebih aman serta nyaman hingga sejahtera. (dab/rahayu)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners