Rekomendasi

Begini Cara BLK Karanganyar Entaskan Tingkat Pengangguran

Selasa, 06 Februari 2018 : 01.30
Loading...
KARANGANYAR - Di tengah upaya menekan angka pengangguran, Balai Latihan Kerja (BLK) tidak hanya mempersiapkan seseorang menjadi pekerja formal di industri-industri tetapi kini lebih concern untuk melatih dan mendidik orang menjadi wirausaha mandiri.

Hal tersebut dikatakan kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Tenaga kerja Koperasi dan UKM, Karanganyar, Waluyo Dwi Basuki, kepada wartawan usai membuka pelatihan dan pemantapan wirausaha mandiri di Balai Latihan kerja (BLK), Senin (5/2/2018).

Menurutnya, pelatiihan ini, salah satu upaya untuk menekan angka pengangguran serta memberdayakan masyarakat menjadi wirausahawan mandiri.

“Konsentrasi kita menciptakan tenaga kerja mandiri. Untuk itu, saya minta setelah mengikuti pelatihan, ilmu yang diperoleh dapat diterapkan untuk membagun usaha dalam skala kecil,” kata Dwi Basuki, Senin (5/2/2018).

Dijelaskannya, usai mengikuti pelatihan selama 10 hari, para peserta akan diberikan bantuan berupa peralatan usaha. Dwi Basuki meminta kepada peserta pelatihan, agar bantuan peralatan tersebut tidak dijual.

“Bantuan yang diberikan untuk memberdayakan ekonomi rakyat. Bantuan peralatannya jangan dijual. Tapi gunakan untuk usaha dengan baik,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala UPTD BLK, Sunarto, mengatakan, pelatihan ini diikuti sebanyak 180 peserta. Para peserta akan mengikuti pelatihan selama 10 hari dengan materi keterampilan kerja dan usaha mandiri, berupa bengkel otomotif, las, keterampilan membuat kue, menjahit, laundry.

“Kegiatan ini merupakan pelatihan keterampilan kerja dan usaha mandiri. Kita berharap, dengan pelatihan ini, dapat menciptakan lapangan kerja skala rumah tangga,” ujarnya. (Iwan Iswanda/rahayu)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners