Rekomendasi

Begini Perayaan Imlek di Lereng Gunung Lawu

Senin, 12 Februari 2018 : 22.30
KARANGANYAR - Perayaan hari raya Imlek di Karanganyar berlangsung meriah. Ribuan warga memadati terminal Karangpandan yang ingin menyaksikan atraksi barongsai, yang tampil dalam rangka Pentas Budaya Tahun Baru Imlek 2569 K, yang digelar secara lintas budaya dan lintas agama di kecamatan tersebut.

Acara yang dimulai sejak pukul 15.00 Wib tersebut, diawali dengan, delapan barongsai berjalan menyusuri deretan toko-toko di sekitar pasar. Di setiap kios yang menggantungkan angpao, barongsai beratraksi untuk meraihnya.

Di belakang barongsai, Bupati Juliyatmono didampingi sejumlah tokoh masyarakat berjalan kaki, sambil membagi-bagikan kue keranjang pada masyarakat. Ketua Panitia Harsanto, kepada wartawan, mengatakan, perayaan tahun baru Imlek di Karanganyar, melibatkan berbagai unsur masyarakat dan tokoh lintas budaya dan agama.

Menurut Harsanto, perayaan ini dilaksanakan berdasarkan kekompakan dan jiwa kebersamaan dai masyarakat. “Kami berharap, perayaan Imlek ii menjadi momentum bagi seluruh warga Karanganyar untuk tetap menjaga kebersamaan,” katanya.

Dijelaskannya, rangkaian kegiatan Imlek ini, selain berbagi kebahagiaan dengan penghuni panti asuhan, bagi sembako pada penyandang disabilitas dan warga tak mampu, juga ada kunjungan ke pondok pesantren, serta pendampingan terhadap calon wirausahawan baru.

“Kita rencanakan, puncak perayaan Imlek akan kita laksanakan dalam minggu ini juga. Kita mengambil tema semangat kebhinekaan dalam bingkai NKRI. Kami berharap, dari acara ini semakin mempererat kebersamaan warga, mempererat persaudaraan tanpa mengenal perbedaan,” jelasnya.

Semenetara itu, bupati Karanganyar, Juliyatmono, yang hadir dalam perayaan Imlek terebut, mengatakan, perayaan Imlek di kota yang berada di lereng Gunung Lawu ini, sebagai wujud kebhinekaan di Indonesia yang harus tetap dijaga.

“Kebhinnekaan adalah modal bangsa Indonesia. Ini harus tetap dijaga dan dipelihara dan jangan sampai dinodai hal-hal kecil yang justru tidak membawa kemajuan,” tegasnya. (Iwan Iswanda/rahayu)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners